Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Jalan dan Lari

Olahraga yang paling murah yaitu dengan menggerakkan badan berkeliling kampung sambil menghirup udara segar di pagi hari. Aktifitas ini bisa dilakukan dengan berjalan maupun berlari. Kali ini kita akan melihat apa saja perbedaan antara jalan dan lari tersebut.


Jalan

Jalan kaki adalah olah raga yang murah, aman dan jika dilakukan secara teratur dalam waktu yang panjang dapat melatih kesegaran jasmani seseorang. Selain melatih kesegaran jasmani, oksigen yang dihirup dan diedarkan akan melancarkan sirkulasi darah. Efeknya, kondisi tubuh tidak cepat lelah dan lebih cepat mengembalikan tubuh pada kondisi normal, serta mengurangi stres atau depresi.

Lari

Lari sebenarnya sama halnya dengan aktifitas berjalan, namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi sebab dilakukan dengan lebih cepat. Sehingga urutan gerak dalam berlari bila dilihat dari tahap-tahapnya adalah tahap topang yang terdiri dari topang depan dan satu tahap dorong, serta tahap melayang yang terdiri dari tahap ayun ke depan dan satu tahap pemulihan atau recovery.

Perbedaan Jalan dan Lari

Definisi jalan adalah melangkahkan kaki bisa kesegala arah (maju, mundur, dan menyamping) dengan menggunakan tumpuan seluruh bagian kaki, kecepatannya pun terkadang konstan. Sedangkan definisi lari adalah melangkahkan kaki kedepan dengan ujung kaki sebagai tumpuan utama serta terjadinya akselerasi kecepatan.

Perbedaan lainnya adalah jalan merupakan gerakan kaki dengan pelan atau tidak tergesa-gesa, sedangkan lari merupakan jalan yang tergesa-gesa untuk mengejar sesuatu atau tujuan tertentu.

Adapun persamaan dari keduanya adalah sama-sama suatu aktifitas tubuh yang menyehatkan badan, berbiaya murah, mudah (tidak diperlukan latihan khusus), dan cukup menyenangkan.

Perbedaan Jalan dan Lari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia