Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Difusi dan Osmosis

Perbedaan antara difusi dengan osmosis sangat mudah dilihat jika kita memahami proses perpindahan zat atau molekul yang terjadi pada keduanya. Sehingga dalam proses tersebut akan terlihat apakah termasuk difusi atau proses tersebut merupakan osmosis.


Difusi

Pengertian difusi adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi lebih tinggi menuju ke bagian yang berkonsentrasi lebih rendah.

Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi (gradien konsentrasi).

Faktor yang memengaruhi kecepatan difusi adalah ukuran partikel, ketebalan membran, luas suatu area, jarak, dan suhu. Ada dua jenis difusi yang dilakukan yaitu difusi biasa dan difusi khusus.

Difusi biasa terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yang hydrophobic atau tidak berpolar / berkutub. Difusi khusus terjadi ketika sel ingin mengambil nutrisi atau molekul yang hydrophilic atau berpolar dan ion.

Contoh difusi yang sering kita lihat adalah pemberian gula pada cairan teh tawar, sehingga lambat laun cairan berubah menjadi manis. Difusi molekuler terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.

Osmosis

Pengertian osmosis adalah perpindahan molekul air melalui selaput semipermiabel selektif dari bagian yang encer ke bagian yang pekat.

Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran.

Osmosis dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer.

Faktor yang mempengaruhi osmosis adalah ukuran molekul yang meresap, keterlarutan lipid, luas permukaan membran, ketebalan membran, dan suhu.

Proses Osmosis akan berhenti jika konsentrasi zat di kedua sisi membran tersebut telah mencapai keseimbangan.

Contoh osmosis adalah kentang direndam air maka akan bengkak setelah beberapa lama. Hal ini karena ada konsentrasi yang tinggi dari pati dan zat terlarut lainnya dalam sel kentang daripada di air, sehingga air mengalir ke dalam sel kentang secara osmosis.

Perbedaan Difusi dan Osmosis

Difusi adalah gerakan spontan partikel dari daerah konsentrasi tinggi ke daerah konsentrasi rendah. Sedangkan osmosis adalah gerakan bersih spontan air melintasi membran semipermeabel dari daerah konsentrasi zat terlarut rendah ke larutan dengan konsentrasi zat terlarut tinggi, menuruni gradien konsentrasi zat terlarut.

Proses difusi terutama terjadi pada keadaan gas atau dalam molekul gas dan molekul cairan. Sedangkan osmosis terjadi ketika media sekitarnya sel memiliki konsentrasi air lebih tinggi dari sel.

Gradien konsentrasi pada difusi berjalan dari gradien konsentrasi lebih tinggi ke gradien konsentrasi yang lebih rendah. Sedangkan pada osmosis bergerak menuruni gradien konsentrasi.

Perbedaan Difusi dan Osmosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis