Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Website dan Blog

Pada era teknologi informasi yang semakin canggih ini, keberadaan internet sudah tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sehingga banyak orang yang telah memanfaatkan website dan blog untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Untuk itu artikel ini akan membicarakan tentang perbedaan antara website dengan blog.


Website

Pengertian website atau situs web adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebuah website biasanya ditempatkan pada server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Halaman web merupakan berkas teks biasa yang dikombinasikan dengan instruksi berbasis HTML atau XHTML. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Blog

Pengertian blog (web log) adalah sebuah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum sehingga dapat diakses semua orang.

Tulisan-tulisan pada blog tersebut pada umumnya dimuat dalam urutan postingan terbaru dahulu baru kemudian diikuti postingan yang lebih lama, walaupun ada juga yang diurutkan sebaliknya.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Perbedaan Website dan Blog

Website bersifat statis sehingga tidak akan ditemukan daftar postingan berdasarkan tanggal, sedangkan blog memiliki daftar kronologis dan disusun dari postingan terbaru hingga terlama.

Homepage website menjelaskan isi dasar situs web, sedangkan homepage blog diisi tulisan terbaru yang diposting pemiliknya.

Website memiliki isi dengan genre yang serupa, sedangkan blog dapat berisi berbagai macam konten seperti sebuah majalah digital dengan berbagai artikel kejutan bagi pembacanya setiap hari.

Website umumnya menggunakan bahasa formal untuk setiap isinya, sementara blog biasanya menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.

Admin dari sebuah website biasanya menutup komentar sehingga membuat website kurang interaktif, sedangkan blog dianggap lebih interaktif karena menawarkan pengunjung opsi untuk berkomentar, menyukai, dan membagikan postingan kepada pembaca yang lain.

Perbedaan Website dan Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis