Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Jika anda pecinta olahraga futsal maupun sepak bola maka sudah pasti anda telah mengetahui sedikit banyaknya tentang aturan main kedua cabang permainan ini. Untuk lebih memperjelas perbedaan futsal dengan sepak bola maka kami akan tuliskan berikut ini.


Futsal

Pengertian futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan menggunakan kaki.

Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Luas lapangan futsal ukuran panjang 25-43 m x lebar 15-25 m dan dibatasi oleh garis, bukan net atau papan.

Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing anggotanya sebanyak 11 orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan.

Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran lapangan panjang 90-120 meter x lebar 45-90 meter, di atas rumput atau rumput sintetis.

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Beberapa perbedaannya ialah luas lapangan futsal 25-43 m x 15-25 m, sedangkan sepakbola 90-120 m x 45-90 m. Lingkaran bola futsal 62 – 68 cm, sedangkan lingkaran bola sepakbola 68 – 70 cm.

Jumlah pemain futsal 5 orang, sedangkan jumlah pemain sepakbola 11 Orang. Dalam olahraga futsal memiliki sekali time out pada tiap babaknya, sedangkan sepakbola tidak terdapat time out (TO).

Pergantian pemain futsal tidak dibatasi, sedangkan sepak bola memiliki batas 3 x pergantian pemain. Pemain futsal yang diberi kartu merah bisa diganti pemain lain setelah 2 menit atau setelah tim lawan mencetak gol, sedangkan pemain sepak bola yang telah diberi kartu merah tidak bisa diganti dengan pemain lainnya.

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis