Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

Didalam tubuh manusia terdapat suatu sistem metabolisme yang rumit dan sekaligus sempurna, sehingga sitem tersebut mampu mengolah bahan-bahan yang ada menjadi energi yang bermanfaat untuk semua organ di dalam tubuh. Jika anda bertanya tentang apa sebenarnya perbedaan anabolisme dengan katabolisme maka anda akan mendapatkan jawabannya dengan segera pada artikel ini.


Anabolisme

Pengertian anabolisme adalah lintasan metabolisme yang menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks

Untuk menjalankan proses anabolisme maka dibutuhkan energi yang berasal dari luar seperti energi cahaya ataupun kimia. Energi tersebut digunakan untuk mengikat senyawa-senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Jadi, dalam proses ini energi yang diperlukan tidak hilang, tetapi akan tersimpan dalam bentuk ikatan-ikatan kimia pada senyawa kompleks yang terbentuk.

Adapun anabolisme yang menggunakan energi cahaya biasa dikenal dengan nama fotosintesis, sedangkan untuk reaksi anabolisme yang menggunakan energi kimia kita kenal dengan nama kemosintesis.

Baca juga : Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis

Proses anabolisme dalam tubuh meliputi: 1) produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida. 2) Aktivasi senyawa-senyawa tersebut menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP. 3) Penggabungan prekursor menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida, lemak, dan asam nukleat.

Katabolisme

Pengertian katabolisme adalah lintasan metabolisme yang merombak suatu substrat kompleks molekul organik menjadi komponen-komponen penyusunnya sambil melepaskan energi.

Dalam lintasan katabolisme, molekul berukuran besar seperti polisakarida, lipid, asam nukleat dan protein akan terombak menjadi beberapa molekul yang lebih kecil seperti contohnya monosakarida, asam lemak, nukleotida, dan asam amino.

Dengan kata lain katabolisme adalah proses memecah bahan dalam tubuh. Pada saat anda sedang mencerna makanan, maka anda akan memecah protein, lemak, dan zat tepung dalam rangka untuk mendapatkan komponen yang berguna untuk kesehatan tubuh..

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

Perbedaan yang dapat kita simpulkan dari pemaparan diatas adalah anabolisme menggunakan energi, sedangkan reaksi katabolisme membebaskan energi. Reaksi pada anabolisme merombak molekul-molekul sederhana, sedangkan reaksi pada katabolisme merombak molekul-molekul kompleks. Tujuan anabolesme adalah membangun molekul-molekul kompleks, sedangkan tujuan katabolisme adalah membangun molekul-molekul sedeharna.

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis