Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Unsur dan Senyawa

Untuk anda yang ingin mendalami mengenai apa perbedaan unsur dan senyawa sehingga dapat mengambil kesimpulan yang lebih valid guna penelitian atau tugas-tugas lainnya, maka simak baik-baik apa yang akan diterangkan dalam postingan blog berikut ini.


Unsur

Pengertian unsur (unsur kimia) adalah zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil, atau tidak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa.

Senyawa

Pengertian senyawa kimia adalah zat kimia murni yang terdiri dari dua atau beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut.

Senyawa dapat wujud dalam beberapa fase. Kebanyakan senyawa dapat berupa zat padat. Senyawa molekuler dapat juga berupa cairan atau gas. Semua senyawa akan terurai menjadi senyawa yang lebih kecil atau atom individual bila dipanaskan sampai suhu tertentu.

Perbedaan Unsur dan Senyawa

Unsur terdiri dari atom-atom yang sejenis, sedangkan senyawa adalah gabungan unsur-unsur yang berbeda yang telah menjelma menjadi zat yang baru. Bagian terkecil dari unsur adalah atom, sedangkan bagian terkecil dari senyawa adalah molekul.

Ciri-ciri yang membedakan senyawa adalah adanya rumus kimia yang memberikan perbandingan atom dalam zat, dan jumlah atom dalam molekul tunggalnya (rumus etena adalah C2H4 dan bukan CH2). Rumus kimia tidak menyebutkan apakah senyawa tersebut terdiri atas molekul (natrium klorida NaCl adalah senyawa ionik).

Contoh unsur ialah Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), sedangkan contoh senyawa ialah Air (H2O) adalah sebuah senyawa yang terdiri dari dua atom hidrogen untuk setiap atom oksigen.

Perbedaan Unsur dan Senyawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia