Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Banyak hal yang bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan diantaranya dengan membuka usaha sendiri. Namun dalam penyebutan maka terjadi kebingungan dengan apa sebenarnya perbedaan wirausaha dan wiraswata yang dalam beberapa kesempatan kadang digunakan bersamaan. Mungkin anda penasaran tentang pengertian, perbedaan, dan persamaan diantara keduanya maka simak dibawah ini penjelasan singkatnya.


Wirausaha

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang dapat mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa baru, dengan menciptakan sebuah bentuk organisasi yang baru.

Dengan kata lain seorang wirausaha berani menanggung resiko atas bisnis yang ia tekuni. Orang tersebut juga melihat bahwa terdapat suatu peluang besar dalam suatu bidang dan memiliki kemampuan untuk mengorganisir dan menanggung resiko dalam bisnis tersebut.

Wiraswasta

Pengertian wiraswasta adalah orang yang berani bersikap, berfikir, dan bertindak menurut kemampuan dan keberanian untuk dapat menciptakan pekerjaan sendiri dan berkarir dengan sikap mandiri.

Sehingga seorang wiraswasta memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usaha yang ia geluti tersebut.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Jadi perbedaan antara wirausaha dengan wiraswasta adalah orang yang berwirausaha pasti bekerja sendiri, bukan bekerja pada orang lain. Sedangkan wiraswata bisa digunakan bagi seorang karyawan yang bekerja di orang lain atau bagi yang memiliki bisnis sendiri.

Walaupun demikian perbedaan wirausaha dan wiraswata dinilai oleh para ahli tidak terlalu signifikan, sehingga dalam banyak literatur kedua istilah ini dianggap sama. Contohnya dalam kamus besar Bahasa Indonesia kedua istilah tersebut tidak dibedakan artinya atau dianggap sama. Istilah lain yang memiliki makna yang hampir mirip ialah pengusaha, swasta, kewirausahaan, dan wirausahawan.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia