Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Untuk melihat perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dalam sebuah tanaman maka diperlukan pemahaman secara menyeluruh mengenai karakteristik tumbuhan tersebut. Untuk mempermudah memepelajarinya, maka saya sudah siapkan penjelasan berikut.


Pertumbuhan

Pengertian pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran, volume, dan massa yang bersifat irreversible dan proses pertumbuhan tersebut dapat dinyatakan secara kuantitatif.

Contoh pertumbuhan adalah tanaman rambutan yang tumbuh menjadi lebih besar, bercabang, lebih tinggi, dan pertumbuhan tersebut dapat diukur dengan menggunakan alat ukur.

Perkembangan

Pengertian perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan tetapi dapat di amati dengan mata telanjang).

Contoh perkembangan adalah tanaman rambutan yang setelah beberapa tahun dapat menghasilkan bunga dan buah yang bertujuan untuk perkembangbiakan dan reproduksi, namun proses ini tidak dapat diukur karena kematangan seksual tanaman berbeda - beda.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Setelah melihat definisi keduanya maka dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan antara pertumbuhan dengan perkembangan antara lain ialah pertumbuhan merupakan perubahan yang berhubungan dengan keadaan fisik, misalnya tumbuh membesar, sedangkan perkembangan adalah perubahan yang berhubungan dengan mental. Perbedaan lainnya ialah pertumbuhan bersifat kuantitatif, sedangkan perkembangan bersifat kualitatif.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia