Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Pantun dan Syair

Sebuah rangkaian kata yang tersusun indah dapat menyebabkan hati keras menjadi luluh tak terasa. Perbedaan antara pantun dengan syair berikut ini setidaknya akan memberikan anda gambaran yang lebih jelas mengenai pemahaman keduanya.


Pantun

Pengertian pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis.

Pantun terdiri dari bagian sampiran dan bagian isi. Sampiran adalah dua baris pertama, dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut.

Karmina dan talibun merupakan bentuk kembangan pantun, dalam artian memiliki bagian sampiran dan isi. Karmina merupakan pantun "versi pendek" (hanya dua baris), sedangkan talibun adalah "versi panjang" (enam baris atau lebih).

Ciri-ciri pantun adalah bersajak aa-aa atau ab-ab, terdiri dari delapan sampai dua belas suku kata, satu pantun terdiri dari empat baris atau larik, pantun terdiri dari sampiran dan isi. Setiap sampiran dan isi di baris pertama, kata pertama huruf besar atau huruf kapital. Di baris kedua, kata pertama huruf kecil.

Contoh pantun :
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam si riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

Syair

Pengertian syair adalah jenis puisi berirama yang berasal dari daerah Arab dan telah dibawa masuk ke Nusantara bersama-sama dengan kedatangan Islam. Saat itu syair telah mengalami perubahan bahasa menjadi bahasa Melayu klasik.

Penyair yang berperan besar dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri dengan karyanya, antara lain: Syair Perahu, Syair Burung Pingai, Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir.

Ciri- ciri syair adalah terdiri atas 4 baris tiap bait, setiap bait memberi arti sebagai satu kesatuan, tiap baris terdiri dari 4 kata (8-16) suku kata, bersajak aa-aa, berirama 2-2, dan jumlah suku kata tiap baris 8-12 kata. Sedangkan isi dari syair ialah nasihat, petuah, dongeng/cerita.

Contoh syair :
Abdul Muluk putera Baginda
Besarlah sudah bangsa muda
Cantik menjelis usulnya syahda
Tiga belas tahun umurnya ada

Perbedaan Pantun dan Syair

Pantun terdiri dari 4 baris, sedangkan syair terdiri atas 4 larik tiap bait. Baris pertama dan kedua dalam pantun disebut sampiran, sedangkan setiap bait syair memberi arti sebagai satu kesatuan. Baris ketiga dan empat pada pantun disebut isi, sedangkan semua baris dalam syair merupakan isi. Pantun bersajak abab, sedangkan syair bersajak aaaa.

Perbedaan Pantun dan Syair Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis