Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

Kemajuan sebuah negara dapat dikelompokkan kedalam beberapa kelompok besar dengan melihat dari berbagai faktor seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Adapun perbedaan diantara negara maju dengan negara berkembang dapat kita cermati dari penjelasan secara lebih mendalam seperti dibawah ini.


Negara Maju

Pengertian negara maju adalah istilah umum untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status 'negara maju'.

Negara Berkembang

Pengertian negara berkembang adalah sebutan untuk negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap tentang negara berkembang, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi. Negara yang memiliki ekonomi lebih maju daripada negara berkembang lainnya, namun tidak sepenuhnya menampakkan ciri-ciri negara maju dikelompokkan dalam istilah negara industri baru.

Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Pertumbuhan penduduk di negara maju sangat rendah dengan angka harapan hidup yang tinggi, sedangkan pertumbuhan penduduk di negara berkembang masih sangat tinggi dengan angka harapan hidup yang masih rendah.

Pendidikan penduduk negara maju cukup tinggi, sedangkan pendidikan penduduk negara rendah rata-rata masih rendah.

Negara maju mengelola bidang pertanian, peternakan, dan perikanan untuk kebutuhan industrialisasi, diperdagangkan, dan diekspor. Sedangkan di negara berkembang dikelola untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga.

Aktifitas masyarakat negara maju telah menggunakan sarana dan prasarana modern. Sedangkan aktifitas masyarakat negara berkembang masih menggunakan sarana dan prasarana tradisional.

Perkembangan IPTEK di negara maju sangat cepat sehingga dapat mendukung industrialisasi dengan pesat, sedangkan di negara berkembang perkembangannya sangat lamban.

Pendapatan rata-rata masyarakat negara maju sangat tinggi, sedangkan di negara berkembang rata-rata masih rendah.

Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis