Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Xilem dan Floem

Sungguh kita dapat melihat keajaiban di alam semesta ini sebagai bukti kekuasan Allah swt. Salah satunya dalam penciptaan tumbuh-tumbuhan dimana terdapat jaringan pembuluh yang menghantarkan zat yang diperlukan ke tempat tertentu. Disini kita akan membahas apa perbedaan xilem dan floem yang dapat dianalisis berikut ini.


Xilem

Pengertian xilem atau pembuluh kayu merupakan salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta). Pembuluh kayu berfungsi menyalurkan zat bahan fotosintesis dari akar ke daun. Pembuluh kayu merupakan saluran utama bagi transportasi air beserta semua substansi yang terlarut di dalamnya dari akar menuju bagian lain tumbuhan, terutama daun. Kayu dibentuk terutama dari kumpulan pembuluh kayu.

Floem

Pengertian floem atau pembuluh tapis adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang berfungsi dalam transportasi hasil fotosintesis, terutama gula sukrosa, dan berbagai metabolit lainnya dari daun menuju bagian-bagian tumbuhan lainnya, seperti batang, akar, bunga, buah, biji, dan umbi. Proses transpor ini disebut sebagai translokasi. Daun merupakan sumber fotosintat, sedangkan organ lain menjadi penampungnya. Arah gerak zat dalam pembuluh tapis berlawanan dengan pembuluh kayu.

Perbedaan Xilem dan Floem

Kita dapat melihat perbedaan xilem dengan floem dari beberapa faktor diantaranya permeabilitas dinding sel xilem adalah impermeabel, sedangkan pada floem adalah permeabel. Xilem terbuat dari sel mati, sedangkan floem terbuat dari sel hidup.

Jaringan yang menyertai xilem adalah jaringan serabut, sedangkan pada floem adalah jaringan sel pengiring. Xilem berdinding sel tipis, sedangkan floem tebal. Dinding sel xilem terbuat dari lignin atau selulosa keras, sedangkan dinding sel floem terbuat dari selulosa.

Pada xilem tidak terdapat sitoplasma, sedangkan pada floem terdapat sitoplasma. Fungsi xilem adalah mengangkut air dan unsur hara mineral dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan. Arah aliran xilem ke atas, sedangkan pada floem ke atas dan ke bawah.

Perbedaan Xilem dan Floem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis