Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Wasir dan Ambeien

Bagi penderita penyakit wasir, buang air besar adalah suatu masalah besar yang menyakitkan dan bahkan menghabiskan waktu berjam-jam. Sebagian orang awam akan istilah kesehatan akan banyak yang bertanya apa perbedaan wasir dan ambeien dilihat dari medis maupun istilah yang biasa digunakan pihak akademis.


Pengertian wasir adalah kondisi patologis membengkaknya hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu dalam pengontrolan disaat buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian hemorrhoid memiliki fungsi sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan suatu jaringan ikat.

Sedangkan ambeien adalah istilah lain dari wasir sehingga keduanya memiliki makna dan pengertian yang sama. Jadi jika ada yang bertanya apakah wasir dan ambeien sama? maka jawabannya sama, hanya berbeda penyebutannya saja dengan menunjuk penyakit yang sama yaitu terjadinya peradangan hemorrhoid.

Baca juga: Perbedaan HIV dan AIDS

Gejala wasir dan ambeien adalah timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri dan pada wasir eksternal jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Adapun mengenai penyebab wasir maka para ahli belum bisa mengetahuinya secara pasti, namun wasir sangat dipengaruhi sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi.

Sebaiknya anda melakukan upaya pencegahan wasir dan ambeien secara alami sedini mungkin, misalnya dengan melakukan olah raga secara teratur, asupan nutrisi yang cukup, perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, membiasakan diri untuk buang air besar secara teratur (misalnya setiap pagi hari), hindari duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama, dan tips gaya hidup sehat lainnya.

Khusus bagi wanita maka banyak diantaranya penderita wasir dan ambeien ini disebabkan oleh tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. Namun bagi wanita hamil jangan terlalu khawatir, karena gejalan wasir biasanya hilang setelah melahirkan.

Jika wasir masih dalam tingkatan ringan, maka anda masih bisa mendorong sendiri secara pelan-pelan kedalam lubang anus. Dan untuk ramuan tradisionalnya anda dapat gunakan resep dari dokter hembing yaitu dengan menelan cabe rawit bulat-bulat bersama dengan kelopaknya sedangkan batang cabe boleh dibuang. Anda bisa menelan tiga buah cabai lalu segera minum air putih. Untuk lebih jelasnya anda dapat konsultasi dengan pakar herbal atau langsung ke The Hembing Center.

Perbedaan Wasir dan Ambeien Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis