Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Ruby Asli dan Palsu

Batu ruby dikenal di Indonesia dengan sebutan batu merah delima karena warna merahnya yang khas. Ruby termasuk batu permata berkelas yang memiliki kemilau indah dengan harga yang mahal. Dengan begitu terkenalnya batuan ini maka banyak yang membuat imitasi, tiruan, pasakan, dari para pedagang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sebaiknya anda mengetahui perbedaan antara batu ruby asli dengan yang palsu agar terhindar dari tipuan murah para penipu.


Ciri ciri batu ruby asli dapat diketahui dengan melihat beberapa faktor seperti harga, bentuk tampilan, warna batu, kemilau cahaya, dan faktor lainnya. Batu ruby asli memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi yaitu 9,0 skala Mohs, bahkan jika anda menggoreskan baja di permukaannya maka tidak akan tergores sedikitpun.

Batu ruby merupakan permata yang dibentuk dari korundum mineral, yaitu sebuah bentuk kristal aluminium oksida yang merupakan salah satu mineral yang paling tahan lama di bumi. Adapun rumus kimia untuk batu ruby adalah Al2O3, gravitasi spesifik 3,9-4,1, dengan indeks bias sekitar 1,76-1,77.

Ruby pada umumnya memiliki warna merah, tetapi ruby juga memiliki warna sekunder seperti oranye, ungu, violet, serta merah muda. Bahkan di Indonesia batu ini dikenal dengan batu merah delima karena warna merahnya yang khas.

Perbedaan Batu Ruby Asli dan Palsu

Salah satu cara mudah yang dilakukan untuk membedakan batu ruby asli dan tiruan yaitu dengan memperhatikan serat yang terkandung dalam batu tersebut. Jika batu yang anda miliki merupakan ruby asli maka bentuk serat yang berada di dalam batu tidak sempurna sehingga terlihat tidak begitu jernih. Beda halnya dengan rubby palsu maka anda akan melihat sinar terang tanpa adanya serat khas yang biasa terdapat dalam batu permata ruby.

Pada batu ruby asli jika diamati pantulan sinar cahaya yang melewatinya maka sinar tersebut terkadang dapat membentuk three-ray dan six-point star (berbentuk bintang) yang disebabkan oleh bentuk alami dari ruby yang memiliki serat dalam.

Selain itu ruby asli dibandrol dengan harga tinggi, sedangkan rubby palsu akan dibandrol dengan harga rendah. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga yang miring atau berupa potongan harga yang besar. Hal ini harus anda curigai sebagai penipuan, maka telitilah sebelum membeli agar anda tidak menyesal kemudian.

Demikian cara membedakan batu ruby asli dengan batu ruby palsu dan imitasi, semoga anda lebih memahami perbedaan diantara kedua batu permata ini. Jika ada kebingungan dalam menentukan keaslian batu mulia, sebaiknya anda ajak teman yang sudah ahli dalam seluk beluk batu akik dan permata untuk sama-sama mengecek keaslian batu yang sedang anda miliki tersebut.

Perbedaan Batu Ruby Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis