Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Lampu HID dan LED

Sebuah lampu penerangan yang digunakan oleh kendaraan baik motor maupun mobil telah banyak mengalami kemajuan teknologi, sehingga sekarang ini dikenal dua tipe lampu yang cukup diminati yaitu HID dan LED. Bagi anda yang belum tahu apa perbedaan antara lampu HID dengan LED maka dapat membacanya disini.

beda hid dan led

Lampu HID

Lampu HID (High Intensity Discharge) biasa dipanggil orang dengan sebutan lampu xenon yaitu sebuah lampu yang dapat menghasilkan cahaya dengan cara kerja dari busur listrik yang dihasilkan dari dua elektroda tungsten yang disimpan di dalam leburan kuarsa atau alumina tabung transparan atau tembus.

Tabung transparan tersebut diisi dengan gas xenon, garam logam, dan tegangan yang sangat tinggi dialirkan melalui elektroda untuk bisa menghasilkan busur listrik. Dengan adanya busur listrik maka mampu memanaskan dan menguap garam logam menjadi plasma.

Dengan teknik busur listrik maka cahaya yang dihasilkan memiliki intensitas yang meningkat. Hal ini dibantu oleh plasma yang juga sekaligus dapat menurunkan konsumsi sumber daya yang dibutuhkan. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID jauh lebih intens dibandingkan dengan halogen atau lampu neon biasa.

Setiap Lampu HID membutuhkan komponen ballast yaitu sebuah resistor atau bisa juga kapasitor yang dimasukkan ke dalam rangkaian HID yang berfungsi sebagai pengatur tegangan yang akan memasok kedalam kapsul gas di dalam lampu HID.

Kelebihan lampu HID adalah cahaya yang dihasilkan lebih terang, cerah, bersih, dan lebih cepat fokus. Kekurangan lampu HID adalah memerlukan waktu pemanasan sekitar 15 hingga 25 detik setelah diaktifkan hingga dapat memperoleh kinerja terbaiknya.

Lampu LED

Lampu LED (Light-Emitting Diodes) terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor seperti silikon didoping dengan kotoran untuk membuat persimpangan dikenal sebagai P-N. Dalam produksi, doping adalah pengenalan disengaja kotoran dalam bahan semikonduktor murni sehingga dapat mengatur sifat listriknya.

Di sisi lain, persimpangan pn adalah batas antara dua jenis bahan semikonduktor yang dikenal sebagai tipe-p dan tipe-n. Ketika arus listrik melewati dioda pemancar cahaya, elektron bergabung kembali dengan lubang dalam perangkat untuk melepaskan energi dalam bentuk foton untuk menghasilkan sebuah cahaya.

Proses ini dikenal sebagai electroluminescence dan merupakan fenomena listrik di mana cahaya dipancarkan oleh materi ketika am arus listrik melewatinya. Keuntungan utama dari LED adalah bahwa mereka bertahan lebih lama daripada HID atau halogen lampu dan mengkonsumsi daya yang lebih rendah daripada yang terakhir.

Kelebihan lampu LED adalah hemat energi, tahan lama, dan bisa langsung start tanpa pemanasan terlebih dahulu. Kekurangan yanga ada pada lampu LED adalah cahaya yang dihasilkan kurang fokus dan kurang terang jika dibandingkan dengan lampu HID.

Perbedaan Lampu HID dan LED

Lampu HID menyala dengan sempurna setelah melakukan pemanasan yaitu sekitar 20 detik setelah diaktifkan, sedangkan lampu LED dapat langsung menyala sempurna pada detik itu juga.

Perbedaan lainnya ialah cahaya yang dihasilkan lampu HID lebih terang daripada cahaya yang dihasilkan lampu LED. Daya fokus lampu HID lebih tinggi dibandingkan dengan lampu LED. Lampu LED lebih menghemat sumber daya dibandingkan lampu HID.

Selain itu umur penggunaan lampu LED umumnya lebih panjang dibandingkan dengan umur penggunaan lampu HID. Mungkin itu saja yang dapat saya suguhkan kepada anda para pembaca setia blog area perbedaan tentang apa perbedaan antara lampu HID dengan LED, semoga artikel ini bisa menjadi bermanfaat.

Perbedaan Lampu HID dan LED Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis