Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Visi dan Misi

Perbedaan visi dan misi perusahaan atau organisasi dapat dengan mudah dilihat setelah kita memahami apa sebenarnya pengertian dari keduanya. Setelah itu baru kita dapat membandingkan antara visi dengan misi dari beberapa sudut pandang yang berbeda.


Visi

Pengertian visi adalah suatu pandangan jauh tentang organisasi, tujuan - tujuan organisasi dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.

Dalam pembuatan atau perumusan visi maka ada beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi diantaranya ialah berorientasi ke depan, tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini, mengekspresikan kreatifitas, dan berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Misi

Pengertian misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dengan baik. Dengan pernyataan misi, diharapkan seluruh anggota dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran serta hasil yang akan diperoleh pada masa mendatang.

Dengan kata lain pernyataan misi memberikan keterangan yang jelas tentang apa yang ingin dituju serta kadang kala memberikan pula keterangan tentang bagaimana cara organisasi bekerja. Mengingat pentingnya pernyataan misi maka selama pembentukannya perlu diperhatikan usulan dari anggota serta pihak yang berkepentingan.

Perbedaan Visi dan Misi

Perbedaan yang paling mudah kita lihat ialah pada sisi waktu perumusan. Visi biasanya dibuat lebih awal daripada misi karena pernyataan visi akan mengarahkan langkah organisasi yang harus dilakukan untuk mencapai kemajuan di masa mendatang.

Selain itu cara pandang dalam membuat visa dan misi sangat jauh berbeda. Visi merupakan pernyataan yang berproyeksi pada masa depan organisasi. Sedangkan misi mencerminkan pada kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan pada kondisi saat ini.

Perbedaan Visi dan Misi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis