Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Ajang kecantikan yang diselenggarakan setiap tahun ini selalu menjadikan mata setiap orang tertuju kepada para peserta yang tidak hanya cantik namun juga cerdas penuh talenta. Mungkin di benak anda saat ini bertanya apa perbedaan antara miss world dengan miss universe, karena keduanya sama-sama ajang kecantikan internasional paling bergengsi. Daripada anda menjadi semakin penasaran, lebih baik kita bahas perbedaannya secara lebih terperinci disini.


Miss World

Pengertian miss world adalah kontes kecantikan internasional yang diprakarsai oleh Eric Morley pada tahun 1951 dan pertama kali diadakan di Inggris. Kontes ini merupakan ajang kecantikan internasional yang paling pertama di dunia yang masih diselenggarakan hingga sekarang dan menjadi acara yang dinanti oleh masyarakat.

Lihat: Perbedaan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia

Pemenang dari miss world ini akan menghabiskan waktu selama satu tahun dengan berkeliling dunia sebagai wakil dari Miss World Organization dan sibuk mengadakan berbagai acaranya. Dan sudah menjadi tradisi di miss world yaitu pemenang akan tinggal di London selama masa baktinya berlangsung.

Untuk bisa mengikuti ajang kecantikan bergengsi miss World maka finalis harus memenangkan terlebih dahulu ajang kontes kecantikan di negaranya. Untuk di Indonesia maka syarat mengikuti miss world, kontestan harus memenangkan Miss Indonesia terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh Yayasan Miss Indonesia.

Miss Universe

Pengertian miss universe adalah sebuah kontes kecantikan tingkat dunia yang awalnya merupakan acara Pacific Mills untuk mempromosikan produk pakaian mereka. Namun pada tahun 1996, Donald Trump membeli hak kepemilikan kontes ini yang kemudian ditayangkan CBS dan beralih ke NBC pada tahun 2003.

Miss Universe merupakan acara prestisius terutama bagi penduduk kawasan Amerika Latin. Menurut penyelenggara, para peserta dinilai bukan hanya dari kecantikan namun juga kepandaian dan sopan santunnya yang dikenal juga dengan 3B yaitu Brain (kecerdasan), Beauty (kecantikan), dan Behavior (tingkah laku).

Untuk mengikuti kontes Miss Universe, maka peserta harus menjadi pemenang dalam acara kontes kecantikan di negaranya masing-masing. Sehingga akan mendapatkan gelar sesuai dengan negara asala, contohnya Miss Canada, Miss Colombia, Miss Indonesia, dan lainnya. Untuk di Indonesia maka finalis Miss Universe harus memenangkan terlebih dahulu kontes kecantikan Puteri Indonesia.

Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Adapun perbedaan mendasar dari kedua ajang kecantikan ini ialah pada pihak penyelenggara acaranya. Pada kontes kecantikan miss world diselenggarakan oleh Miss World Organization, sedangkan miss universe diselenggarakan oleh Miss Universe Organization. Di indonesia finalis miss world merupakan pemenang miss Indonesia, sedangkan finalis miss universe merupakan pemenang puteri Indonesia.

Perbedaan Miss World dan Miss Universe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia