Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Gelatik Batu Jantan dan Betina

Burung gelatik batu memiliki banyak peminat dikarenakan burung ini bukan hanya memiliki suara yang merdu namun perawatannyapun cukup mudah. Bahkan bagi anda yang pemula dalam dunia burung maka gelatik batu ini merupakan pilihan tepat untuk anda pelihara. Saat ini kita akan membahas bagaimana cara untuk membedakan antara burung gelatik batu jantan dengan gelatik batu betina.


Gelatik Batu Jantan

Ciri-ciri burung gelatik jantan diantaranya ialah bulu hitam yang tumbuh di bagian dada terlihat cukup tebal, tegas dan bergaris hingga ke bawah ekor. Saat burung ini bertengger di atas pijakan kandang maka cenderung lebih tegap berwibawa. Jika kita perhatikan dalam hal postur tubuh maka burung akan terlihat lebih ramping memanjang dan tidak gemuk bulat. Sedangkan pada bagian bentuk kepala, burung gelatik jantan terlihat dari sisi atas lebih datar dengan bulu yang lebih mengkilat.

Gelatik Batu Betina

Ciri-ciri burung gelatik betina diantaranya ialah bulu hitam yang tumbuh di sekitar dada akan terlihat lebih tipis dengan garis kebawah samar-samar, bahkan pada umumnya putus di bawah perut. Saat anda perhatikan di bagian postur tubuh maka gelatik jantan akan nampak lebih pendek dan berbentuk bulat. Begitupun dengan bagian kepala atas akan terlihat bulat juga. Ciri lain yang memperlihatkan burung yang anda miliki ini ialah burung betina yaitu dari cara burung bertengger. Burung gelatik betina cenderung lebih menunduk saat bertengger di pijakan kandang.

Perbedaan Gelatik Batu Jantan dan Betina

Setelah membaca ciri-ciri diatas maka anda dapat menyimpulkannya bahwa perbedaan kedua jenis kelamin jantan atau betina, terletak pada warna bulu, bentuk kepala, cara bertengger, dan postur tubuh. Kepala atas gelatik jantan terlihat datar dan bulu mengkilat, sedangkan kepala atas gelatik betina terlihat lebih bulat.

Baca juga: Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina

Bulu Hitam pada dada gelatik jantan terlihat lebih tebal, sedangkan bulu hitam pada dada gelatik betina terlihat lebih tipis. Perbedaan lainnya ialah cara bertengger gelatik jantan cenderung lebih tegap, sedangkan cara bertengger gelatik betina cenderung lebih menunduk. Postur tubuh gelatik batu jantan terlihat ramping memanjang, sedangkan postur tubuh gelatik batu betina lebih pendek dan bulat.

Perbedaan Gelatik Batu Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia