Semua perbedaan ada disini

9 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina

Burung pleci ini termasuk kedalam kelompok zosterops, dimana kelompok ini merupakan marga penciri burung kacamata, dan memiliki jumlah anggota terbesar. Namun berdasarkan kajian filogeni terbaru, bisa jadi kelompok ini merupakan bagian dari suku Timaliidae. Ciri burung pleci jantan dan pleci betina memiliki perbedaan yang mudah diketahui jikaandaperhatikan dengan seksama.


Ada sedikitnya sembilan perbedaan antara ciri burung pleci jantan dengan ciri burung pleci betina, untuk itu mari kita perhatikan beberapa bagian tubuh yang penting seperti kepala, paruh, mata, badan, dubur, dan bagian lainnya.

Burung Pleci Jantan

Ciri pleci jantan tentunya memiliki badan yang lebih panjang dengan warna bulu agak lebih tajam. Pada umumnya ekor pleci jantan lebih panjang dengan ujung berbentuk huruf “V” atau lancip pada bagian ujungnya dengan pen (dubur) lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu-bulu. Jika kita perhatikan bagian mata maka klep mata putus-putus dan tebal pada bagian bawah, sedangkan kepala burung cenderung lebih besar dan bulat dengan paruh yang terlihat lebih pendek.

Burung Pleci Betina

Ciri pleci betina tentunya memiliki badan yang cendrerung lebih pendek dan terlihat agak bulat dengan warna bulu yang cenderung terlihat kusam. Pada umumnya ekor pleci betina lebih pendek dengan bagian ujungnya rata (tidaklancip) dengan pen (dubur) lebih kecil dan hanya ditumbuhi sedikit bulu. Jika diperhatikan bagian mata maka anda akan melihat klep mata pleci betina agak bulat tebal tanpa putus-putus, sedangkan kepala cenderung lebih kecil dengan bagian paruh yang relatif panjang.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Setelah mengetahui ciri-ciri fisik dari kedua jenis kelamin burung pleci tersebut, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perbedaan keduanya terletak pada:

1. Ekor pleci jantan lebih panjang, sedangkan ekor pleci betina relatif pendek.

2. Ujung ekor pleci betina lebih lancip, sedangkan ujung ekor pleci betina lebih rata.

3. Dubur pleci jantan lebih panjang, sedangkan dubur pleci jantan lebih kecil.

4. Kepala pleci jantan cenderung lebih besar dan bulat, sedangkan kepala pleci betina cenderung lebih kecil.

5. Paruh pleci jantan cenderung pendek, sedangkan paruh pleci betina relatif panjang.

6. Warna bulu pleci jantan lebih tajam, sedangkan warna bulu pleci betina cenderung kusam.

7. Klep mata pleci jantan putus-putus dan tebal bagian bawah, sedangkan klep mata pleci betina bulat tebal tanpa putus.

8. Badan pleci jantan cenderung lebih panjang sedangkan badan pleci betina cendrerung lebih pendek dan bulat..

9. Pen pleci jantan banyak ditumbuhi bulu, sedangkan pen pleci betina hanya ditumbuhi sedikit bulu.

Itu saja mungkin ke sembilan cara membedakan burung pleci jantan dan betina yang dapat anda terapkan pada burung peliharaan kesangaan anda. Dengan bertambahnya pengalaman anda terhadap ciri jantan dan ciri betina burung yang satu ini, maka makin mudah bagi anda untuk membedakan jenis kelaminnya.

9 Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia