Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Ureter dan Uretra

Tubuh sehat tidak hanya berhubungan dengan masalah asupan makanan yang bergizi, namun juga kesehatan sistem ekskresi. Perbedaan ureter dan uretra yang akan kita bahas sesaat lagi, akan memaparkan kepada anda kedua bagian penting dalam sistem kemih yang berhubungan langsung dengan ginjal dan kandung kemih.


Uretra dan ureter adalah tabung fibromuskular yang dilalui urin dalam sistem kemih. Fungsi sistem kemih adalah mengeluarkan produk limbah dari metabolisme dan bahan lainnya dalam bentuk urin. Fungsi lainnya ialah untuk mempertahankan homeostasis dengan mengatur jumlah air dan garam yang diekskresikan urin.

Ureter

Pengertian ureter adalah suatu tabung fibromuskular yang mampu mendorong urin bergerak dari ginjal menuju kandung kemih. Rangkaian kontraksi otot yang teratur dan mendorong urin kearah kandung kemih disebut sebagai gerakan peristaltik.

Letak ureter pada pria adalah berada di bagian lipatan sacrogenital dan menyilang medial oleh duktus deferens. Adapun letak ureter pada wanita adalah di bagian ligamentum uterosakral dan menyilang anterior oleh arteri uterina. Ureter tertanam sekitar 2 cm di sisi dinding belakang kandung kemih. Lumen ureter paling sempit dan berotot dengan selubung dari ureter dan kandung kemih yang kontinu.

Uretra

Pengertian uretra adalah suatu saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh. Fungsi uretra adalah sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Pada pria, uretra berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani.

Panjang uretra pada wanita adalah sekitar 3 cm dan terletak di antara pembukaan vagina dan klitoris. Sedangkan uretra pada pria lebih panjang dari wanita, panjang uretra pria sekitar 20 cm dan berakhir pada kepala penis. Terdapat pula kelenjar uretra kecil yang menghasilkan lendir untuk membantu melindungi sel epitel.

Perbedaan Ureter dan Uretra

Ureter mendorong urin dari ginjal ke kandung kemih, sedangkan uretra melewatkan urin dari kandung kemih keluar. Ureter terletak di bagian tengah sistem urin, sedangkan uretra terletak di bagian terakhir sistem urin.

Pada umumnya panjang ureter lebih panjang jika dibandingkan dengan panjang uretra. Namun dalam hal diameter maka ureter lebih kecil jika dibandingkan dengan diameter uretra. Pada seorang pria maka ureter merupakan bagian dari sistem urin, sedangkan uretra merupakan bagian dari sistem reproduksi dan saluran kencing.

Perbedaan Ureter dan Uretra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia