Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Taktik dan Strategi

Sebuah taktik dan strategi banyak kita dengar di berbagai bahasan seperti halnya dalam olah raga, pemasaran, militer, bisnis, politik, dan bidang lainnya. Namun tahukah anda apa saja yang menjadi perbedaan antara taktik dengan strategi, untuk itu kita akan jelaskan satu per satu dalam artikel blog sederhana dibawah ini.


Bidang marketing menggunakan taktik dan strategi ini untuk meningkatkan penghasilan dan memperbanyak pelanggan yang setia terhadap produk yang kita tawarkan. Sedangkan dalam bidang olah raga (misalnya sepak bola, catur, tenis) digunakan taktik dan strategi untuk mensiasati pertandingan agar bisa menang.

Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, identifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip pelaksanaan gagasan rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Taktik

Pengertian taktik adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan terampil. Pada prakteknya dilapangan maka sebuah taktik tidak bisa lepas dengan strategi, jadi dengan kata lain taktik adalah cara-cara untuk melakukan strategi dengan baik.

Strategi

Pengertian strategi adalah suatu pendekatan secara keseluruhan yang berkenaan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Pada awalnya kata strategi hanya dipergunakan dalam istilah militer, namun kemudian berkembang penggunaannya ke berbagai bidang lain.

Perbedaan Taktik dan Strategi

Taktik memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan strategi. Dalam olah raga maka taktik adalah suatu pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai didalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan, sedangkan strategi adalah siasat yang dibuat sebelum atau menjelang pertandingan. Taktik adalah tindakan yang dilakukan secara terampil, sedangkan strategi adalah rencana yang dibuat secara terampil. Jadi bisa disimpulkan yaitu strategi itu rencananya, dan taktik adalah cara-cara untuk melakukan strategi tersebut.

Perbedaan Taktik dan Strategi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis