Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Bagi anda para pecinta makanan jepang maka tidak akan asing lagi dengan istilah yakiniku dan teriyaki, karena kedua olahan daging panggang ini banyak disukai oleh orang Indonesia sendiri. Namun untuk orang yang masih awam tentang kuliner jepang, sebaiknya anda cari tahu apa perbedaan yakiniku dengan teriyaki berikut.

Yakiniku


Pengertian yakiniku adalah makanan khas jepang yag terbuat dari daging yang dipanggang atau dibakar di atas bara api. Namun dalam bahasa sehari-hari, yakiniku juga biasa digunakan untuk berbagai masakan daging sapi, jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba, barbeque, dan jenis lainnya.

Di rumah makan yakiniku, maka kita bisa memilih sendiri daging mentah mana yang akan diproses, kemudian setelah daging selesai dipanggang maka daging yang berukuran cukup besar biasanya langsung dipotong dengan gunting. Untuk menggunting daging biasanya dilakukan oleh pelayan di hadapan pengunjung.

Teriyaki


Pengertian teriyaki adalah makanan asli jepang yang diolah dengan cara memasak dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan gula beraroma rasa. Pada saat pembuatan teriyaki, maka bahan yang nantinya dipanggang dicelupkan dan diolesi terlebih dahulu memakai saus teriyaki beberapa kali sampai matang.

Untuk bahan teriyaki di Jepang pada umumnya menggunakan bahan seperti ikan marlin, ikan salem, ikan tongkol, dan ikan mackarel. Namun untuk di luar Jepang digunakan bahan daging ayam dan sapi. Pengggunaan sake pada proses memasak dapat digantikan dengan gula merah atau madu, karena sake haram menurut islam.

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Perbedaannya antara lain ialah rasa yakiniku didominasi dengan kelezatan gurih, sedangkan rasa teriyaki dominasi oleh rasa manis yang didapat dari campuran gula atau madu. Khususnya di jepang maka bahan pembuatan yakiniku banyak berasal dari daging, sedangkan bahan pembuatan teriyaki lebih banyak dari jenis ikan.

Selain perbedaan, tentunya terdapat juga persamaannya diantaranya yaitu kedua jenis makanan ini berasal dari Jepang yang terkenal dengan makanan uniknya, selain itu keduanya memiliki rasa yang enak dan gurih serta mudah memasaknya.

Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia