Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Efektif dan Efisien

Suatu pekerjaan akan dikatakan sukses jika berjalan dengan cara yang efektif dan efisien. Namun pernahkah anda berfikir lebih mendalam tentang apa perbedaan antara efektif dengan efisien jika anda lihat dari sisi pengertian dan contoh nyata di lapangan.

beda efektif dan efisien

Efektif

Pengertian efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.

Efektif bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Sebagai contoh jika sebuah tugas dapat selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.

Efektif adalah ukuran tingkat pemenuhan output atau suatu tujuan proses. Semakin tinggi pencapaian target atau tujuan proses maka dikatakan proses tersebut semakin efektif. Proses yang efektif ditandai dengan perbaikan proses sehingga menjadi lebih baik.

Efisien

Pengertian efisien adalah ukuran tingkat penggunaan sumber daya dalam suatu proses. Semakin sedikit penggunaan sumber daya, maka prosesnya semakin efisien. Proses efisien ditandai dengan perbaikan proses sehingga menjadi lebih murah dan cepat.

Dengan kata lain efisien merupakan penggunaan sumber daya minimum guna pencapaian hasil optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara yang paling baik untuk mencapai tujuan tersebut.

Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Sebagai contoh untuk menyelesaikan sebuah proses produksi, maka cara pertama membutuhkan waktu dua jam sedang cara kedua membutuhkan waktu tiga jam, maka cara pertama lebih efisien dari cara kedua.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Efektif adalah melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diinginkan, sedangkan efisien adalah bekerja menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa pemborosan.

Dengan kata lain efektif adalah dapat mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan, sedangkan efisien adalah hemat biaya, tenaga, dan waktu, untuk mendapatkan hasil maksimal.

Setiap proses yang efektif belum tentu efisien, sebaliknya suatu proses yang dikatakan efisien belum tentu efektif. Untuk itu penting untuk menyelaraskan antara efektif dengan efisien agar setiap tujuan organisasi maupun pribadi dapat tercapai dengan baik.

Perbedaan Efektif dan Efisien Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia