Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Ayat Makkiyah dan Madaniyah

Kitab suci Al Quran merupakan tuntun hidup yang akan membawa kita kedalam kebahagiaan dunia sampai di akhirat. Di dalam ayat al quran terdapat dua kelompok besar yaitu ayat makkiyah dan ayat madaniyah. Pengertian serta perbedaan antara ayat makkiyah dengan madaniyah akan dikupas tuntas pada postingan kali ini.


Dengan memahami dan mempelajari isi kandungan Al Quran maka kita akan mendapatkan petunjuk ke jalan yang benar, yaitu jalannya orang-orang yang telah mendapatkan ridho Allah swt. Semoga kita dapat memahami dan mengamalkan apa yang diperintahkan oleh Allah swt dan dapat menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah saw.

Ayat Makkiyah

Pengertian ayat Makkiyah adalah ayat-ayat Al Quran yang turun sebelum Rasulullah SAW. hijrah ke Madinah. Surah-surah Makiyyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada 17 Ramadhan (Februari 610 M), saat Nabi berusia 40 tahun.

Nama-nama surat Makkiyah berdasarkan urutan surat dalam Al Qur'an yaitu Al Fatihah, Al An'am, Al A'raf, Yunus, Hud, Yusuf, Ar-Ra'd, Ibrahim, Al Hijr, An Nahl, Al Isra', Al Kahfi, Maryam, Thaha, Al Anbiya, Al Mu'minun, Al Furqan, Asy Syu'ara, An Naml, Al Qashash, Al Ankabut, Ar Ruum, Luqman, As Sajdah, Sabaa', Fathir, Ya Siin, Ash Shaffat, Shad, Az Zumar, Al Mu'min, Al Fushshilat, Asy Syuraa, Az Zukhruf, Ad Dukhan, Al Jasiyah, Al Ahqaf, Qaaf, Az Zariyat, Ath Thur, An Najm, Al Qamar, Al Waqi'ah, dan surat Al Mulk.

Surat makkiyah lainnya ialah Al Qalam, Al Haqqah, Al Ma'arij, Nuh, Al Jin, Al Muzammil, Al Muddatstsir, Al Qiyamah, Al Mursalat, An Naba', An Nazi'at, 'Abasa, At Takwir, Al Infithar, Al Muthaffifin, Al Insyiqaq, Al Buruj, Ath Thariq, Al A'la, Al Ghasyiyah, Al Fajr, Al Balad, Asy Syams, Al Lail, Adh Dhuha, Al Insyirah, At Tiin, Al 'Alaq, Al Qadr, Al 'Adiyat, Al Qari'ah, At Takatsur, Al 'Ashr, Al Humazah, Al Fiil, Al Quraisy, Al Ma'un, Al Kautsar, Al Kafirun, Al Lahab, Al Ikhlash, Al Falaq, dan surat An Naas.

Ayat Madaniyah

Pengertian ayat Madaniyah adalah ayat-ayat Al Quran yang turun di Madinah atau diturunkan setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Sebuah surat dapat terdiri atas ayat-ayat yang diturunkan di Madinah secara keseluruhan namun bisa juga sebagian diturunkan di Mekkah (Makiyyah).

Nama-nama surat Madaniyah berdasarkan urutan surat dalam al Quran yaitu Al Baqarah, Ali 'Imran, An Nisaa', Al Maidah, Al Anfal, At Taubah, Al Hajj, An Nur, Al Ahzab, Muhammad, Al Fath, Al Hujurat, Ar Rahman, Al Hadid, Al Mujadilah, Al Hasyr, Al Mumtahanah, Ash Shaf, Al Jumu'ah, Al Munafiqun, At Taghabun, Ath Thalaq, At Tahrim, Al Insan, Al Bayyinah, Al Zalzalah, dan An Nashr.

Perbedaan Ayat Makkiyah dan Madaniyah

Surat makkiyah penuh dengan syair dan ungkapan perasaan, sedangkan surat madaniyah mendalam, kuat, dan kokoh. Surat makkiyah menggunakan kalimat yang sangat fasih dan baligh, sedangkan surat madaniyah menggunakan kalimat-kalimat ushul dan ungkapan-ungkapan undang-undang (syariah). Surat makkiyah Berisi nasihat, bimbingan, tauhid dan Hari Kiamat, sejarah umat-umat terdahulu, dan azab, sedangkan surat madaniyah berisi hudud, fara’idh, dan hukum.

Surat makkiyah menggunakan banyak pemisah dan biasanya pendek-pendek, sedangkan surat madaniyah tidak terlalu banyak menggunakan sajak dan pemisah, dan pemisahnya selalu panjang. Surat makkiyah tidak berisi debat dan dialog dengan kaum Yahudi dan Nasrani, sedangkan surat madaniyah Banyak berisi debat dan dialog dengan kaum Yahudi dan Nasrani.

Surat makkiyah Mengandung sedikit saja perintah untuk amal dan ibadah, fokusnya pada masalah akidah dan tauhid, sedangkan surat madaniyah mengandung perintah untuk beramal dan beribadah. Surat makkiyah tidak membahas masalah jihad, hanya membahas soal dakwah, tablig, nasihat, dan kata-kata yang halus, sedangkan surat madaniyah mengandung perintah untuk berjihad, menjelaskan hukum jihad dengan perintah dakwah, tablig, dan irsyad.

Demikian penjelasan ringkas mengenai perbedaan antara ayat makkiyah dengan madaniyah yang dapat kami sampaikan, semoga para pembaca dapat memahami masalah ini dengan lebih baik.

Perbedaan Ayat Makkiyah dan Madaniyah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis