Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Oven dan Microwave

Bagi para ibu rumah tangga yang senang memasak, tentu tidak akan asing lagi dengan kedua alat ini yaitu oven dan microwave. Namun bagi anda yang masih bingung apa perbedaan antara oven dengan microwave maka kami akan menjelaskannya secara singkat.


Oven

Pengertian oven adalah sebuah alat yang memiliki ruangan yang berfungsi untuk memanggang, memasak, memanaskan atau mengeringkan makanan. Pada dasarnya oven berguna untuk memanggang makanan hingga menjadi matang dan siap dimakan.

Microwave

Pengertian microwave (microwave oven) adalah alat masak yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Pemanasan makanan yang terjadi dalam microwave tidak menggunakan panas eksternal tetapi dari gerakan molekul dalam makanan itu sendiri seperti molekul air, gula, atau lemak. Pergerakan molekul itulah yang menciptakan panas.

Perbedaan Oven dan Microwave

Cara kerja oven menggunakan energi panas yang berasal dari listrik, gas, atau kayu bakar. Panas yang dihasilkan disalurkan melalui elemen pemanas. Oven juga dilengkapi dengan kipas supaya panasnya merata. Sedangkan microwave bekerja dengan tenaga listrik dan menghasilkan gelombang mikro. Molekul mikro tersebut akan bergerak dan saling tabrak sehingga menimbulkan panas.

Oven memerlukan waktu pemasakan yang lebih lama tetapi lebih merata, sedangkan microwave memerlukan waktu relatif singkat. Makanan yang dipanggang dengan oven hasilnya lebih renyah dan merata, sedangkan makanan yang dipanaskan dalam microwave kadar airnya akan terserap sehingga makanan lebih kering.

Pada oven listrik, daya yang diperlukan tidak terlalu besar tetapi konsumsi listrik menjadi besar karena membutuhkan waktu lama untuk mematangkan makanan. Sedangkan pada microwave, walaupun memakan daya listrik yang besar tetapi dinilai lebih hemat listrik sebab bisa memanaskan dengan waktu singkat.

Perbedaan Oven dan Microwave Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis