Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Internet dan Intranet

Mungkin anda adalah salah satu orang yang setiap hari telah menggunakan internet untuk berbagai keperluan bisnis maupun hiburan, namun pernahkah anda bertanya tentang apa perbedaan internet dan intranet dengan jelas. Untuk itu mari perhatikan sejenak pembahasan mengenai perbedaannya berikut ini.


Internet

Pengertian internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antar jaringan).

Intranet

Pengertian intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan atau organisasi tertentu.

Perbedaan Internet dan Intranet

Sedangkan perbedaan dari internet dengan intranet antara lain yaitu jaringan internet sangat luas yaitu di seluruh dunia, sedangkan intranet jaringannya yang sempit atau lokal. Perkembangan internet sangat pesat, sedangkan intranet perkembangannya lambat. Internet bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja, sedangkan intranet biasa digunakan oleh orang-orang tertentu saja seperti perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi lainnya.

Perbedaan Internet dan Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis