Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme

Sejarah dunia telah dipenuhi berbagai kejadian menarik dan tak terlupakan dengan berlalunya waktu. Salah satunya adalah terjadinya penguasaan beberapa wilayah oleh negara-negara kuat di belahan dunia. Untuk itu penting kiranya kita mengetahui apa perbedaan kolonialisme dan imperialisme secara lebih terperinci.


Kolonialisme

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Imperialisme

Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang. Sebuah contoh imperialisme terjadi saat negara-negara itu menaklukkan atau menempati tanah-tanah itu.

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme

Kolonialisme bertujuan untuk menguras habis sumber daya alam dari negara yang ditempatinya untuk diangkut ke negara induk, sedangkan imprealisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang terkait.

Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis