Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Jika kita meneliti tentang sebuah biji maka pertama kali kita akan dihadapkan dengan pertanyaan apa perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae beserta contohnya. Untuk menjelaskannya maka kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian tentang keduanya.


Gymnospermae

Pengertian Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka yang merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium). Pada Gymnospermae, biji terekspos langsung atau terletak di antara daun-daun penyusun strobilus atau runjung.

Gymnospermae telah hidup di bumi sejak periode Devon (410-360 juta tahun yang lalu). Pada saat itu, Gymnospermae banyak diwakili oleh kelompok yang sekarang sudah punah dan kini menjadi batu bara: Pteridospermophyta, Bennettophyta dan Cordaitophyta. Anggota yang lain dapat melanjutkan keturunan hingga saat ini.

Contoh tumbuhan Gymnospermae diantaranya ialah pakis haji (cycadophyta), ginkgo (ginkgo biloba), melinjo (gnetum gnemon), pinus merkusii (coniferophyta), dan tumbuhan lainnya.

Angiospermae

Pengertian Angiospermae adalah golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dengan keadaan terlindungi oleh karpel (daun buahnya) dan pembuahannya ganda, serta memiliki alat perkawinan berupa bunga sehingga disebut juga Anthophyta. Angiospermae memiliki nama lain yaitu Magnoliophyta. Contoh tumbuhan Angiospermae adalah mangga, tomat, jeruk keprok, dan lainnya.

Nama Angiospermae diambil dari penggabungan dua kata bahasa Yunani Kuno yaitu aggeion, "penyangga" atau "pelindung" dan sperma, bentuk jamak untuk "biji" yang diperkenalkan oleh Paul Hermann pada tahun 1690. Dalam sebagian besar sistem taksonomi modern, kelompok ini sekarang menempati takson sebagai divisio. Namun, Sistem klasifikasi APG II dan pelanjutnya, Sistem klasifikasi APG III, yang berdasarkan pengelompokan filogeni versi APG, tumbuhan berbunga ditempatkan dalam suatu klad yang tidak menempati suatu takson dan dinamakan angiosperms.

Perbedaan Gymnosepermae dan Angiospermae

Perbedaan yang paling mudah terlihat ialah pada Gymnospermae, biji terekspos langsung atau terletak di antara daun-daun penyusun strobilus atau runjung. Sedangkan pada tumbuhan berbunga (Angiospermae atau Magnoliophyta), biji atau bakal biji selalu terlindungi penuh oleh bakal buah sehingga tidak terlihat dari luar.

Untuk lebih lengkapnya kita simak perbandingan berikut ini :
  • Gymnospermae memiliki bakal biji yang tidak tertutup oleh daun buah, sedangkan Angiospermae bakal bijinya tertutup oleh daun buah
  • Batang Gymnospermae berkambium atau berkayu, sedangkan batang Angiospermae berkambium atau tidak
  • Gymnospermae memiliki akar tunggang dan berkambium, sedangkan Angiospermae memiliki Akar tunggang atau serabut
  • Daun Gymnospermae umumnya tunggal dan kaku, sedangkan daun Angiospermae pipih, tulang daun beraneka ragam
  • Dalam Gymnospermae terjadi pembuahan tunggal, sedangkan pada Angiospermae terjadi pembuahan ganda
  • Alat reproduksi Gymnospermae disebut strobilus, sedangkan alat reproduksi Angiospermae disebut bunga
Demikian perbedaan Gymnospermae dengan Angiospermae yang dapat disampaikan di blog area perbedaan ini, semoga bermanfaat.

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis