Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Adat dan Budaya yang Harus Kita Fahami

Adat dan budaya yang berlaku di suatu daerah akan berbeda dengan daerah yang lainnya, hal ini menyebabkan keragaman kebudayaan yang luar biasa. Untuk bisa memahami perbedaan antara adat dengan budaya maka anda harus melihat dari beberapa faktor seperti dalam hal pengertian, arti kata, dan faktor lainnya. Untuk itu simak beberapa penjelasan ringkas di dalam artikel blog area perbedaan berikut.


Adat

Pengertian adat adalah suatu gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. Apabila adat tersebut tidak dilaksanakan dengan baik oleh seseorang maka akan terjadi kerancuan yang menimbulkan sanksi tidak tertulis oleh masyarakat setempat terhadap pelaku yang dianggap menyimpang.

Norma adat disebut juga sebagai hukum yang tidak tertulis, sehingga biasa dijadikan pelengkap suatu aturan hukum tertulis. Sumber dari norma adat ini adalah kepantasan, kepatutan, dan kebiasaan yang berlaku di suatu masyarakat. Norma adat tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat tersebut.

Budaya

Pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan termasuk juga karya seni.

Budaya merupakan suatu pola hidup masyarakat secara menyeluruh sehingga budaya lebih bersifat kompleks, abstrak, dan cakupannya luas. Banyak sekali aspek budaya yang turut menentukan perilaku komunikatif manusia. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak hal kegiatan sosial masyarakat.

Perbedaan Adat dan Budaya

Faktanya adat dan budaya memiliki perbedaaan yang sangat tipis. Bahkan ada sebagian adat yang telah berubah menjadi budaya, namun budaya tidak akan mungkin berubah menjadi adat. Adat adalah sesuatu yang lazim dilakukan di suatu daerah dan bersifat sakral atau kepercayaan dan tetap dilaksanakan secara turun temurun. Sedangkan budaya dapat berubah sesuai dengan norma yang berjalan atau kondisi dari peradaban modern yang masih dalam batas-batas norma.

Perbedaan Adat dan Budaya yang Harus Kita Fahami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis