Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Nabi dan Rasul

Diantara enam rukun iman maka ada satu perkara dimana kita harus beriman kepada para rasul Allah swt. namun ada diantara kita yang masih bertanya apa perbedaan nabi dengan rasul jika dilihat dari pengertian serta tugas-tugasnya. Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lihat uraian singkat dibawah ini, semoga Allah swt senantiasa membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya.


Menurut pendapat para ulama yang mahsyur, jumlah para nabi adalah 124.000 nabi dan 315 rasul. Dan jumlah nabi dan rasul yang harus kita ketahui ada 25 yaitu Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yaqub, Yusuf, Ayub, Syuaib, Musa, Harun, Dzulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, dan penghulu para nabi yaitu nabi Muhammad saw.

Nabi dan rasul dipilih oleh Allah swt. sesuai dengan kehendak-Nya, sehingga tidak bisa seseorang berusaha untuk menjadi Nabi atau Rasul walaupun seseorang tersebut sangat sholeh dan memiliki ilmu yang luas. Tugas para nabi dan rasul ialah mendakwahi ummatnya untuk taat kepada Allah swt. Mereka memberi kabar gembira dengan kenikmatan dan pahala kepada orang yang beriman dan beramal sholeh, serta memberi ancaman dengan siksa dan azab kepada orang-orang kafir.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah swt. untuk dirinya sendiri, tanpa diwajibkan menyampaikan kepada manusia. Sedangkan rasul adalah orang yang menerima wahyu Allah swt. untuk dirinya sendiri dan diwajibkan menyampaikan wahyu tersebut kepada ummatnya.

Adapun sifat wajib para rasul ada empat yaitu shidiq (benar), amanah (terpercaya), fathonah (pandai), dan tabligh (menyampaikan). Dan sifat mustahil para rasul ada empat juga yaitu kidzib (dusta), khianat (pengingkar), baladah (bodoh), dan kitman (menyembunyikan). Dalam keseharian nabi dan rosul seperti umumnya manusia biasa seperti haus, lapar, berdagang, bertani, memiliki anak istri, dan lainnya.

Diantara 25 nabi dan rasul maka Allah swt telah melebihkan derajat Ulul Azmi yaitu para rasul yang telah mengalami cobaan dalam berdakwah yang lebih berat jika dibandingkan dengan rasul lainnya. Mereka yang termasuk kedalam ulul azmi adalah nabi Muhammad saw., Ibrahim as., Musa as., Isa as., dan Nuh as.

Sebagai penutup dari uraian singkat ini yang membicarakan tentang perbedaan antara nabi dan rasul maka akan sedikit kami tambahkan keterangan mengenai nama-nama kitab Allah swt. yang diturunkan kepada para rasul. Ada empat kitab yaitu kitab Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa as., kitab Zabur yang diturunkan kepada nabi Daud as., kitab Injil yang diturunkan kepada nabi Isa as., dan terakhir kitab Al Quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw.

Perbedaan Nabi dan Rasul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis