Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Wifi dan Hotspot

Saat anda melihat logo wifi dan hotspot area di sebuah cafe atau perpustakaan di kampus maka apa yang anda fikirkan. Mungkin anda akan segera mengeluarkan laptop untuk bisa mengakses internet tanpa kabel secara gratis. Jadi apa perbedaan antara wifi dengan hotspot jika dilihat dari pengertian dan teknisnya.


Wifi

Pengertian Wifi (Wireless Fidelity) adalah suatu teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data tanpa kabel melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Dalam sejarah tercatat bahwa istilah Wifi, pertama kali digunakan secara komersial pada bulan Agustus tahun 1999.

Wifi Alliance mempekerjakan Interbrand Corporation untuk menentukan nama yang mudah diingat daripada 'IEEE 802.11b Direct Sequence'. Kemudian Interbrand menciptakan nama Wi-Fi sebagai plesetan dari Hi-Fi (high fidelity), dan Interbrand juga yang merancang logo Wi-Fi yang biasa anda lihat sekarang ini.

Sebenarnya Wifi di awal kelahirannya dirancang untuk pengunaan perangkat nirkabel dan LAN, namun kenyataannya saat ini Wifi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan hotspot terdekat.

Hotspot

Pengertian Hotspot adalah area tertentu yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti sering kita temukan di ruang tunggu bandara, kampus, cafe, hotel, dan tempat umum lainnya. Dengan kata lain sebuah Hotspot adalah tempat dimana user dapat menggunakan Wifi melalui laptop, netbook, atau PDA secara nirkabel dengan tujuan suatu jaringan seperti internet.

Teknologi Hotspot dikemukakan pertama kali oleh Bret Stewart pada tahun 1993, saat diselenggarakannya konferensi Networld dan Interop, di San Fransisco. Dengan pemanfaatan teknologi hotspot, setiap orang dapat mengakses jaringan internet melalui mobile computer (dengan teknologi Wi-Fi) yang mereka miliki di lokasi hotspot yang tersedia.

Ada beberapa jenis hotspot diantaranya ialah area bersinyal gratis dimana pada umumnya sebagai tambahan layanan pelanggan di hotel, ruang konferensi, cafe, dan lainnya. Ada juga jenis area bersinyal yang dibayar langsung ke pemilik gedung. Selain itu ada jenis area bersinyal berbayar ke operator area besinyal wi-fi, misalnya Boingo dan iPASS.

Perbedaan Wifi dan Hotspot

Dari penjelasan singkat diatas maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa perbedaan Wifi dengan Hotspot adalah Wifi merupakan peralatan yang digunakan untuk koneksi internet tanpa kabel, sedangkan Hotspot merupakan stasiun pemancar Wifi atau titik akses WiFi. Dimana kedua istilah ini tidak dapat dipisahkan, karena antara WiFi dan Hotspot terkait satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Wifi dan Hotspot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis