Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Yaman dan Sulaiman

Bagi seorang pecinta batu sejati, maka semakin berjalannya waktu maka semakin kuat kecintaannya kepada keindahan batu akik dan batu mulia. Salah satu jenis batu yang wajib anda koleksi adalah batu yaman dan batu sulaiman yang memiliki pesona tersendiri. Namun sepintas keduanya adalah sama, namun sebenarnya perbedaan antara batu yaman dengan batu sulaiman sangat jauh berbeda.

Batu Yaman


Batu yaman merupakan batu yang pertama kali populer di indonesia sebelum batu-batu lain seperti bacan, kalimaya, raflesia, dan batu lain yang sedang trend saat ini. Sesuai namanya batu ini berasal dari Yaman, di benua Afrika. Jenis yang sering kita temui adalah yaman wulung yaitu memiliki ciri berwarna hitam pekat, namun saat anda menyorotnya dengan lampu maka akan keluar warna merah.

Sedangkan batu yaman yang memiliki kemiripan dengan batu sulaiman, biasanya dari jenis yaman madu yaitu batu yaman yang memiliki warna merah seperti halnya madu. Warna seperti ini terdapat juga di batu sulaiman dengan keindahan yang hampir mirip. Batu yaman memiliki tingkat kekerasan hingga 7 skala Mohs, dan angka ini menunjukan tingkat kekerasan yang cukup tinggi dikalangan batu akik.

Batu Sulaiman


Batu sulaiman sering dikaitkan dengan kisah Nabi Sulaiman as. yang memiliki kerajaan luas dengan balatentaranya dari kalangan jin dan manusia. Konon katanya beberapa masyarakat percaya bahwa Nabi Sulaiman as. pernah memakai cincin jenis ini, sehingga dinamai batu sulaiman. Entah benar atau tidak, yang jelas batu sulaiman memiliki warna yang bagus dengan corak warna yang sangat beragam.

Diantara jenis batu sulaiman yang ada di pasaran ialah sulaiman madu,mata, junjung drajat, susu, wulung, combong, hitam, sodo lanang, selendang, sukabumi, sumatera, sembahyang, putih, puser bumi, pancawarna, pacitan, pecah seribu, pasir emas, puser langit, merah darah, motif, mega, tapak jalak, tawon, tanduk, teh, teratai, tanah, aceh, kuning, coklat, hijau, api anggur, dan jenis lainnya.

Perbedaan Batu Yaman dan Sulaiman

Orang awam atau para pemula dalam dunia batu permata akan sulit membedakan yaman madu dengan sulaiman madu sehingga diperlukan beberapa trik untuk memperjelas perbedaannya. Diantaranya ialah dengan melihat serat di dalam kedua batu tersebut. batu yaman memiliki serat yang lebih sedikit dan halus dibanding dengan batu sulaiman yang memiliki serat yang banyak serta lebih terlihat jelas.

Perbedaan Batu Yaman dan Sulaiman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis