Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Avanza dan Xenia

Kendaraan keluarga yang nyaman dengan tampilan mewah memang idaman semua orang, namun untuk menentukan pilihan kepada satu jenis mobil merupakan sesuatu yang sulit. Karena anda harus mengetahui fitur atau aksesoris apa yang akan anda dapatkan dari satu model mobil tertentu tersebut. Untuk itu perbedaan toyota avanza dan daihatsu xenia ini sangat perlu untuk anda baca.


Avanza

Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift).

Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Perubahan model secara keseluruhan dilakukan pada tahun 2011 yang menandai mulainya generasi kedua. Munculnya varian baru Veloz menjadi varian teratas juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya. Selain itu pada bulan Juni 2014, pabrik Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah Avanza.

Xenia

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Daihatsu Xenia generasi pertama (2003-2011) memiliki tiga tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Daihatsu Xenia memiliki berbagai asesoris standar untuk tiap tipe utama yang terdiri dari paket-paket yang berkaitan dengan penampilan eksterior maupun interior seperti Plus, Deluxe, Family dan Sporty.

Untuk Daihatsu Xenia generasi kedua (2011-sekarang), tersedia dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.0D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tertinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi). Sedangkan untuk tipe R, tersedia transmisi otomatis.

Pada generasi kedua dilakukan penambahan AC blower ganda yang sebelumnya telah ada pada Toyota Avanza sejak generasi pertama. Seperti pada generasi pertama, paket-paket asesoris tetap ada dan ditingkatkan dengan adanya penambahan paket baru yaitu Attivo khusus untuk tipe R dan dipromosikan sebagai Crossover.

Ada 2 tipe mesin xenia, yaitu 1000 dan 1300 cc. Teknologi VVT-i mulai dipergunakan sejak tahun 2006. Daihatsu memiliki istilah sendiri untuk teknologi pengaturan katup variabel yaitu DVVT, namun di Indonesia menggunakan istilah VVT-i milik Toyota.

Perbedaan Avanza dan Xenia

Kapasitas mesin Avanza menggunakan mesin 1.300 cc dan 1.500cc, sedangkan mobil Xenia menggunakan mesin 1.300 cc dan 1.000 cc.

Toyota Avanza telah mengunakan AC double blower untuk semua tipe, sedangkan mobil Daihatsu Xenia hanya memiliki single blower pada tipe terendah yaitu tipe yang mengunakan mesin 1.000 cc.

Avanza Velos dan mobil Toyota Avanza bermesin 1.500 cc sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag serta system pengereman yang sudah mengunakan ABS, sedangkan semua mobil Daihatsu Xenia terbaru hanya disediakan sabuk pengaman saja sebagai alat keamanan, begitu juga dengan mobil Toyota Avanza Tipe G.

Avanza tipe Velos memiliki Velg yang paling bagus diantara tipe mobil Avanza dan Xenia lainnya, sedangkan Xenia tipe standar dan Toyota Avanza Seri E menggunakan Velg standar atau Velg kaleng.

Harga mobil Avanza tipe standar berharga Rp 155.000.000, sedangkan harga Xenia paling standar sebesar Rp. 134.000.000.

Demikian perbedaan antara toyota avanza dengan daihatsu xenia yang dapat disampaikan, semoga membantu anda dalam memilih kendaraan yang cocok, aman, dan nyaman bagi keluarga tercinta.

Perbedaan Avanza dan Xenia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis