Semua perbedaan ada disini

5 Perbedaan Shampo dan Kondisioner

Shampo dan kondisioner sering kita dengar secara berbarengan, sehingga ada juga yang menyangka bahwa kedua produk kecantikan dan kesehatan rambut ini sama. Padahal jika kita melihat fungsi dan kegunaannya maka perbedaan antara shampo dengan kondisioner sangat jelas. Dimana kedua produk harus dipakai sesuai fungsi dan cara pemakaiannya masing-masing.

shampo dan kondisioner

Sampo mengandung komposisi yang sangat mirip dengan yang ada pada sabun. Sedangkan tingginya tingkat keseimbangan pH asam dalam kondisioner membantu meningkatkan produksi asam amino dan untuk membantu peranan keratin pada tiap helai rambut, sehingga membuatnya tampak jauh lebih sehat, lebih bersinar dari pangkal hingga ujung rambut.

Shampo

Pengertian sampo adalah sejenis cairan yang bermanfaat untuk membersihkan rambut dan permukaan kulit kepala dari berbagai kotoran seperti debu, minyak, kulit mati, ketombe, dan lainnya. Kotoran tersebut baiasanya timbul atau menempel di rambut saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama aktivitas yang dilakukan diluar ruangan dan menyebabkan berkeringat.

Kandungan shampo diantaranya ialah surfaktan yang sangat cocok sebagai zat penghilang kotoran dan lemak yang melekat pada rambut dan kulit kepala. Penggunaan shampo biasanya dilakukan dengan mencampurkan shampo dengan air agar dapat melarutkan minyak alami yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melindungi rambut dan membersihkan kotoran yang menempel.

Kondisioner

Pengertian kondisioner (conditioners) adalah salah satu produk perawatan rambut yang dapat mengubah tekstur dan penampilan rambut menjadi lebih indah. Bentuk kondisioner rambut sendiri yaitu berupa cairan kental yang digunakan dengan cara dipijat secara perlahan dan merata pada semua bagian rambut. Sebuah kondisioner rambut pada umumnya dipakai pria maupun wanita setelah mencuci rambut dengan menggunakan shampo.

Kandungan kondisioner terdiri dari pelembab rambut, minyak, tabir surya, serta bahan lain yang berguna untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Kondisioner sering asam seperti pH rendah protonates asam amino keratin ini. Ion-ion hidrogen memberikan rambut muatan positif dan menciptakan ikatan hidrogen lebih antara sisik keratin, memberikan rambut struktur yang lebih seragam.

Perbedaan Shampo dan Kondisioner

1. Shampo digunakan untuk menghilangkan kotoran seperti minyak, debu, dan sel kulit mati yang terdapat pada kulit kepala sehingga menjadikan rambut bersih dan harum. Sedangkan kondisioner digunakan untuk melunakkan tekstur rambut, sehingga anda akan merasakan rambut terasa lebih lembut, mudah diatur, dan indah menawan.

2. Shampo mengandung protein dan zat lain yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh sehat dan terbebas dari masalah rambut. Sedangkan kondisioner mengandung pelembab rambut yang menjadikan rambut tidak cepat kering dan mudah diatur.

3. Tingkat keasaman (pH) shampo lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat keasaman (pH) kondisioner.

4. Penggunaan shampo dengan cara dibilas menggunakan air secara merata pada rambut dan kulit kepala hingga bersih. Sedangkan penggunaan kondisioner dilakukan dengan dua cara pemakaian, (1) menggunakannya di seluruh bagian rambut dan mendiamkannya selama beberapa menit baru setelah itu dibilas hingga bersih, (2) dengan cara dioleskan pada setiap helai rambut lalu membiarkannya tanpa dibilas sama sekali.

5. Pada umumnya harga shampo lebih murah dibandingkan dengan harga kondisioner yang dibandrol dengan harga lebih mahal.

Adapun kesamaan antara shampo dengan kondisioner adalah keduanya sama-sama produk perawatan rambut yang dapat membantu memelihara kecantikan dan kemilau rambut indah anda. Jadi gunakanlah shampo beserta kondisioner sesuai fungsi dan kegunaannya masing-masing.

5 Perbedaan Shampo dan Kondisioner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia