Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Area Broca dan Wernicke

Otak manusia memiliki peranan penting bagi kinerja seluruh bagian tubuh, sehingga apabila terjadi kerusakan otak maka akan mengakibatkan cedera fatal. Pada saat ini kita akan sekilas membahas tentang apa perbedaan area broca dengan area wernicke yang merupakan bagian penting dalam kemampuan bahasa serta bicara.


Kedua bagian otak yaitu area broca dan wernicke ini dihubungkan dengan satu jalur saraf fasciculus arcuata. Kerusakan pada area wernicke dapat mengganggu kemampuan pemahaman berbahasa dan berbicara. Wernicke adalah nama seorang ahli saraf dan kejiwaan kebangsaan Jerman, dengan nama lengkap Karl Wernicke.

Area Broca

Pengertian area broca adalah suatu bagian dari otak manusia yang terletak di gyrus frontalis superior pada lobus frontalis korteks otak besar. Peran dari area broka adalah pada proses bahasa serta kemampuan dan pemahaman dalam berbicara. Letak area ini berdampingan dengan area wernicke. Keduanya ditemukan hanya pada salah satu belahan otak saja, umumnya pada bagian kiri. Area Broca terletak kira-kira pada area Brodmann 44 dan kadang-kadang juga mencakup 45.

Area Wernicke

Pengertian area wernicke adalah suatu bagian dari otak manusia yang berada di bagian korteks otak besar, pada bagian posterior kiri dari gyrus temporalis superior, mengelilingi korteks pendengaran, di fissura Sylvian (bagian pertemuan lobus temporalis dan parietalis otak). Bagian ini disebut juga bagian posterior dari area Brodmann nomor 22. Area ini biasanya terletak di otak besar bagian kiri, karena mayoritas manusia memiliki bagian bahasa pada otak kirinya.

Perbedaan Area Broca dan Area Wernicke

Area broca terletak di gyrus frontalis superior pada lobus frontalis korteks otak besar, sedangkan area wernicke terletak di bagian korteks otak besar, pada bagian posterior kiri dari gyrus temporalis superior, mengelilingi korteks pendengaran, di fissura Sylvian. Adapun persamaan diantara keduanya adalah sama-sama berperan pada proses bahasa, serta kemampuan dan pemahaman berbicara. Selain itu area broca dan wernicke umumnya sama-sama berada di dalam otak bagian kiri.

Perbedaan Area Broca dan Wernicke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis