Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Sentrosom dan Sentriol

Sebuah sel yang berada di dalam tubuh memiliki peran penting untuk memberikan fungsi terbaik bagi tugasnya masing masing. Perbedaan antara sentrosom dengan sentriol sangat penting untuk dipelajari saat anda ingin memperdalam mengenai sistem kerja sel. Dibawah ini merupakan artikel mengenai penjelasan singkat tentang apa itu sentrosom dan apa definisi sentriol berikut sisi perbedaannya.


Sentrosom

Pengertian sentrosom adalah organel sel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan. Sentrosom merupakan wilayah yang terdiri dari sepasang sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel, dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutub-kutub sel yang sedang membelah.

Pada siklus sel di tahapan interfase, terdapat fase S yang terdiri dari tahap duplikasi kromosom, kondensasi kromoson, dan duplikasi sentrosom. Fase G2 merupakan tahapan ketika sentriol anak yang baru terbentuk tadi telah memanjang. Terakhir ialah fase M dimana sentriol bergerak ke kutub-kutub pembelahan dan berlekatan dengan mikrotubula yang tersusun atas benang-benang spindel.

Sentriol

Pengertian sentriol adalah suatu struktur berbentuk tabung yang terdapat dalam kebanyakan sel eukariota. Sentriol terlibat dalam proses pembelahan sel serta pembentukan silia dan flagela. Sentriol tidak akan ditemukan pada tumbuhan berpembuluh maupun kebanyakan fungi. Sepasang sentriol teratur secara sejajar dan dikelilingi oleh materi padat membentuk struktur gabungan yaitu sentrosom.

Sentriol merupakan satu dari sepuluh organel sel, yang mana oragnel-organel sel tersebut adalah sentriol, mitokondria, ribosom, lisosom, retikulum endoplasma, badan golgi, sitoskeleton, badan mikro, plastida dan vakuola. Sentriol memiliki peranan penting dalam pembelahan sel yang mengatur arah gerak kromosom.

Perbedaan Sentrosom dan Sentriol

Perbedaannya adalah sentriol merupakan bagian dari sentrosom. Sentriol akan berubah menjadi sentrosom padasaat suatu sel akan membelah, dan perubahan tersebut ditandai dengan adanya pembentukan sentriol yang saling berpasangan.

Sentriol yang berpasangan akan diatur secara tegak lurus dan diselimuti oleh gumpalan material padat yang mendasari struktur persenyawaan yang diketahui sebagai sentrosom. Dengan kata lain sentrosom untuk pembelahan sel sedangkan sentriol itu untuk penunjuk arah, yaitu kearah mana pembelahan sel akan terjadi.

Perbedaan Sentrosom dan Sentriol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis