Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Nukleus dan Nukleolus

Sel yang terdapat pada manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki beberapa bagian penting yang saling terkait didalam fungsi maupun kinerjanya satu sama lain. Saat ini kita akan membahas tentang apa saja kiranya yang menjadi perbedaan antara nuleus dengan nukleolus sehingga kita dapat mengenali keduanya secara pasti.


Nukleus

Pengertian nukleolus adalah sebuah struktur terikat tanpa membran yang terdiri dari protein dan asam nukleat dalam inti sel (nukleus). Ribosomal RNA ditranskripsi dan berkumpul di dalam nukleolus. Ultrastruktur nukleolus dapat divisualisasikan melalui mikroskop elektron, sedangkan organisasi dan dinamika dapat dipelajari melalui penandaan protein berpijar dan pemulihan neon setelah photobleaching. Kerusakan nukleolus dapat menjadi penyebab untuk beberapa penyakit manusia.

Nukleolus

Pengertian nukleolus adalah struktur yang ditemukan dalam nukleus. Nukleolus adalah area di mana itu sangat padat. Nukleolus dapat diamati sebagai tiga wilayah. Mereka adalah pusat fibrillar, komponen fibrillar padat dan komponen granular. Nukleolus tidak dikelilingi oleh membran. Nukleolus dibentuk oleh unit DNA, yang diharapkan kode untuk rRNA untuk produksi ribosom. Oleh karena itu, fungsi utama nukleolus adalah untuk mensintesis rRNA dan menghasilkan ribosom.

Perbedaan Nukleus dan Nukleolus
.
Perbedaan yang dapat kita lihat ialah dari fungsi utama nukleus yaitu untuk mengontrol kegiatan selular dan mengatur ekspresi gen, sedangkan fungsi utama nukleolus yaitu untuk menghasilkan ribosom. Nukleus adalah organel dalam sel, sedangkan nukleolus adalah sub-organel (nukleolus terletak pada nukleus). Nukleus bertanggung jawab dalam memproduksi mRNA dan nukleolus bertanggung jawab dalam memproduksi rRNA. Perbedaan lainnya ialah nukleus adalah organel dengan membran ganda sedangkan nukleolus tidak memiliki membran apapun.

Perbedaan Nukleus dan Nukleolus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis