Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Teman dan Sahabat

Sebuah jalinan persahabatan tidak luput dari konflik dan permasalahan, namun jika kita tetap mempertahankannya maka akan membuahkan hasil yang manis di akhirnya. Perbedaan antara teman dengan sahabat yang akan dibahas kali ini adalah bahan renungan agar kita dapat memilih dengan siap seharusnya bergaul.


Teman

Seseorang yang kita kenal baik pria maupun wanita bisa menjadi teman, sehingga seorang teman dapat anda dapatkan dimana dan kapan saja. Untuk menjadikan teman, maka tidak perlu banyak kriteria serta syarat yang harus terpenuhi, intinya anda mengenalnya dengan baik maka ia telah menjadi teman anda. Ada dua tipe teman yaitu teman yang baik dan teman yang jahat, teman yang memberikan keuntungan untuk anda dan teman yang menimbulkan kerugian buat anda.

Dekatilah teman-teman yang baik, dan jauhilah kawan yang buruk karena sifat buruknya lambat laun akan anda tiru. Berprilaku adil lah kepada sesama teman sehingga semua teman merasa diperhatikan dan mendapatkan haknya sebagai teman. Jangan jadikan harta dan kedudukan sebagai ukuran, karena pertemanan berdasarkan ukuran tersebut bukanlah pertemanan yang hakiki. Jadikan hubungan teman sebagai bagian dari pengembangan diri sebagai makhluk sosial yang baik.

Sahabat

Pengertian sahabat adalah seseorang yang lebih dari sekedar kawan, yaitu dia yang menjadi tempat kita berbagi tawa dan duka. Dimana kita membagi rahasia bersama sahabat tercinta, karena anda yakin bahwa dia tidak akan menghianati anda. Seorang sahabat sejati memahami arti sahabat yang sebenarnya, sehingga ia akan menjaga persahabatan tersebut dalam keadaan senang maupun susah. Sahabat akan setia menemani perjalanan hidupmu yang berliku dan tak menentu.

Persahabatan dapat terjalin saat didasari dengan ketulusan, sehingga ia senang saat melihat sahabatnya dalam keadaan senang dan ia sangat susah saat sahabatnya dalam keadaan kesusahan. Namun dalam perjalanan waktu biasanya terjadi banyak ujian yang akan memperlihatkan kepada kita mana yang benar-benar sahabat sejati dan mana yang bukan. Sebaiknya anda juga melihat tulisan saya sebelumnya tentang cara memperbaiki hubungan persahabatan yang telah retak.

Perbedaan Teman dan Sahabat

Sekarang kita akan melihat apa saja perbedaan antara teman dengan sahabat jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Perbedaan yang paling mencolok ialah teman akan ada diwaktu senang, sedangkan sahabat akan selalu ada disampingmu saat senang maupun susah. Sangat mudah mendapatkan seoang teman, namun sangat sulit untuk mendapatkan seorang sahabat. Kehilangan teman mudah tergantikan, sedangkan kehilangan sahabat menjadi kesedihan seolah kehilangan separuh jiwa.

Jangan menceritakan masalah kepada teman, tapi ceritakanlah masalah pribadimu kepada sahabat. Teman hanya datang saat kau undang, sedangkan sahabat akan datang dengan sendirinya saat kau dilanda keresahan. Semua orang bisa menjadi temanmu, namun tidak semua orang bisa menjadi sahabatmu. Demikian perbedaan yang dapat saya tulis tentang hakikat teman dan sahabat yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya sendiri, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Perbedaan Teman dan Sahabat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis