Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Bulu Macan Dan Bulu Monyet

Batu akik dengan motif unik mungkin bisa menjadi pilihan anda dalam memilih cincin kesayangan. Saya perkenalkan dua jenis corak yang sedang trend saai ini, yaitu batu dengan motif bulu macan dan batu dengan motif bulu monyet. Namun dari sekian banyak penjelasan, masih perlu ditambahkan uraian tentang perbedaan antara batu bulu macan dengan bulu monyet, karena bagi pemula terlihat sama.

Batu Bulu Macan


Batu permata bulu macan termasuk kategori agate atau batu akik, batuan ini menurut para ahli adalah mustika asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Lumajang serta Jember - Provinsi Jawa Timur. Sebenarnya hal ini harus membuat kita bangga bahwa negeri yang kita cintai ini memiliki sejuta kekayaan alam yang berlimpah, mulai dari hewan, pohon, hingga batuan mulia berkelas Internasional.

Jika anda melihat bentuk fisik dari permukaan batu ini maka akan terlihat paduan warna seperti bulu macan asli. Sehingga tidak heran jika orang menyebutnya dengan mustika bulu macan, bahkan sebagian orang memasukkan batu ini sebagai batu bertuah. Namun anda jangan meyakini batu ini memiliki kekuatan tersendiri, karena semua kekuatan datangnya dari Allah swt. yang Maha Perkasa.

Harga batu bulu macan sangat tinggi yaitu dimulai dari satu juta hingga ratusan juta rupiah, hal ini disebabkan kelangkaan batu berharga ini. Keistimewaan lain dari batu indah ini ialah gambar bulu macan yang ada pada batu akan terlihat seolah-olah bergoyang saat anda menggerakkan batu cincinnya. Mungkin ini hanyalah efek cahaya sehingga bulu macan terlihat hidup dan menghasilkan keunikan tersendiri

Batu Bulu Monyet


Satu lagi batuan langka yang ada di Indonesia yaitu batu bulu monyet yang memiliki beragam pesona untuk setiap orang yang melihatnya. Tampak di atas permukaan batu ini corak garis yang sangat lembut, sehingga kalau dilihat secara seksama maka akan menyerupai bulu monyet yang sudah disisir rapih.

Batu ini banyak dihasilkan dari kota kebumen dan pacitan dengan warna yang beragam seperti merah, hijau muda, hijau tua, hitam, abu-abu, dan warna indah lainnya. Namun dari sekian banyak warna maka warna favorit para gemlovers adalah warna abu-abu tua sehingga sangat mirip dengan warna bulu monyet asli.

Sebagian orang percaya bahwa batu ini terbentuk dari bulu raja monyet yang sudah tua, sehingga ketika monyet tersebut mengelus-elus bulunya maka mulailah berjatuhan. Lambat laun bulu tersebut mengeras dan menjadi batu yang indah, dan pastinya ini hanyalah cerita yang disandingkan dengan batu agar terkesan antik.

Perbedaan Batu Bulu Macan Dan Bulu Monyet

Adapun cara membedakan kedua batu ini adalah batu bulu macan memiliki warna serat bulu yang cenderung berwarna abu-abu hingga keemasan dengan dasar hitam, sedangkan batu bulu monyet cenderung memiliki warna serat putih mengkilap namun dengan dasar warna yang berwarna hiaju tua serta gelap.

Tingkat kekerasan batu bulu macan (Pietersite Quartz) lebih tinggi dibandingkan tingkat kekerasan bulu monyet (Seraphinite). Sehingga batu bulu macan terlihat lebih kokoh dan kuat, sedangkan batu bulu monyet cenderung lebih rapuh.

Perbedaan Batu Bulu Macan Dan Bulu Monyet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis