Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Tapak Jalak Asli dan Palsu

Selalu ada yang unik dalam dunia batu akik ini, bukan hanya batu dengan warna mulus yang memiliki harga mahal, namun batu dengan corak tapak jalak pun menjadi incaran. Bagaimana tidak, motif ini mengandung banyak arti yang bisa dinikmati oleh pemakainya. Jika anda tertarik silahkan pelajari dahulu apa saja perbedaan antara batu tapak jalak asli dengan yang palsu, imitasi, atau pasakan.


Seiring melambungnya keteneran batu tapak jalak ini maka semakin banyak juga orang yang memutar otaknya untuk memanfaatkan minat masyarakat dengan cara yang tidak baik. Yaitu dengan cara memalsukan atau membuat guratan tapak jalak dari bahan kimia dan suntikan sehingga menyerupai batu tapak jalak asli.

Batu mulia tapak jalak yang baik adalah yang memiliki tanda persis di tengah batu sehingga tampak serasi. Sebaiknya anda melihatnya secara tegak lurus dengan mata anda, perhatikan garis melintang yang saling memotong satu sama lain tersebut, apakah berada ditengah batu atau dipinggir. Ketepatan letak guratan pada permukaan batu tersebut menentukan tinggi rendahnya harga batu tapak jalak.

Selain itu batu tapak jalak bisa dari berbagai macam bahan batu misalnya batu ruby, sulaiman, garut, kecubung, zamrud, yaman, dan batu lainnya. Adapun warna yang banyak dicari adalah warna putih, coklat, merah, kuning, dan lainnya. Untuk motif tapak jalak itu sendiri maka ada beberapa motif seperti tali pocong, serat emas, urat darah, garis emas, wulung, dan motif rambut.

Batu tapak jalak yang sudah kristal maka akan tembus jika disorot lampu senter dengan cahaya fokus. Namun bukan berarti jika batu anda tidak tembus maka akan murah harganya, karena yang terpenting dari batu ini adalah motif dua garis yang saling menyilang. Jika garis tersebut membentuk seni yang indah dan serasi dengan ikat cincin maka akan menghasilkan harga yang fantastis.

Perbedaan Batu Tapak Jalak Asli dan Palsu

Jika batu terpotong garis dengan tidak simetris maka batu tapak jalak asli, sedangkan jika batu terpotong garis dengan sangat simetris atau terbagi rata maka jangan-jangan batu tapak jalak yang anda miliki adalah sintetis. Saat batu tapak jalak yang asli dibakar maka tidak akan merubah warna batu, namun jika batu tapak jalak palsu dibakar maka warnanya akan berubah menjadi kusam.

Selain itu garis tapak jalak yang asli tidak mulus karena gradasi warna yang bercampur dengan warna dasar batu tidak sempurna, sedangkan untuk batu tapak jalak pasakan maka akan tampak garis yang sangat mulus dan gradasi warnanya sangat baik. Itu saja mungkin cara membedakan batu tapak jalak yang asli dengan yang palsu, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca semua.

Perbedaan Batu Tapak Jalak Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis