Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Akik dan Permata

Pada saat ini orang sedang demam batu akik, sehingga kita bisa melihat setiap tempat ada para pengrajin batu dadakan. Namun tahukah anda apa perbedaan batu akik dengan permata, mengingat keduanya adalah memliki persamaan yaitu sama-sama merupakan batu berharga yang diminati banyak orang untuk dibuat sebagai perhiasan seperti cincin, kalung, liontin, dan aksesoris lainnya.


Di masyarakat umum, batu permata lebih identik dengan perhiasan indah berupa liontin, anting-anting, cincin dengan kemilau berlian dan ditengahnya terdapat batu bersinar indah hijau, merah, ungu atau warna lain yang indah dan pemakainya orang super kaya.

Sebenarnya pengertian batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor pecinta batu mulia.

Beberapa daerah di Indonesia yang mengandung batu permata antara lain kalimaya dari Banten, batu jenis anggur dan cempaka dari Lampung, kecubung dan intan berlian dari Kalimantan. Jenis permata yang paling diminati di dunia adalah Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, Biru Langit, Bungur, dan jenis lainnya.

Sebenarnya batu akik maupun permata mengacu pada sebuah batuan alam yang hampir sama. Batu akik maupun batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan agar warnanya indah.

Perbedaan Batu Akik dan Batu Permata

Adapun perbedaan batu akik dengan permata hanya terletak pada tingkat kekerasan batu tersebut. Untuk batu akik (agate) memiliki tingkat kekerasan rata-rata dibawah 7 skala mohs, sedangkan untuk batu permata memiliki kekerasan diatas 7.5 hingga 10 skala mohs.

Dari segi warna maka batu akik memiliki warna lebih beragam dengan warna-warna yang mempesona, jika dibandingkan dengan permata atau batu mulia yang umumnya memiliki warna sejenis.

Selain perbedaan tentunya ada persamaan yang terdapat dikedua batu tersebut yaitu sama-sama jenis batu alam yang mengkristal dan mengendap selama ribuan tahun bahkan jutaan tahun dalam perut bumi lalu terbentuklah sebuah batuan indah mempesona.

Perbedaan Batu Akik dan Permata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis