Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Lumpia dan Risoles

Makanan dan kue khas Indonesia memang tidak ada habisnya, dari bahan yang sama bisa dibuat berbagai kreasi dengan bentuk dan rasa yang berbeda. Mungkin anda pernah mencoba kelezatan lumpia dan risoles yang gurih, namun tahukah apa saja perbedaan diantara keduanya. Untuk itu izinkanlah saya mengulas sedikit perbedaan antara lumpia dengan risoles dilihat dari bentuk, bahan baku, serta rasa.

Lumpia


Pengertian lumpia adalah suatu kue cemilan enak yang berupa dadar dan dibentuk gulungan dengan isi mie, rebung, daging, dan bahan lainnya. Pada umumnya kue lumpia memiliki dua jenis cara pembuatan, ada yang digoreng kering hingga krepes (disebut lumpia kering) dan ada juga yang dikukus (disebut lumpia basah).

Dengan berkembangnya kreasi makanan saat ini, maka bentuk dan rasa standar lumpia juga telah banyak berubah. Sehingga anda juga bisa mendapatkan lumpia dengan bentuk kotak, segitiga, dan bentuk lucu lainnya. Isinyapun mulai bervariasi, tidak hanya isi sayuran namun ada juga dengan isi buah-buahan, coklat, serta keju.

Risoles


Pengertian risoles adalah kue cemilan gurih berupa dadar dengan tekstur yang lembut dan dibentuk gulungan. Sedangkan untuk bahan isian, maka risoles ini biasanya diisi dengan sayuran yaitu wortel, kentang, telur, dan ada juga yang menambahkan daging giling. Sebelum digoreng maka kulit risoles dicelupkan terlebih dahulu ke tepung panir, sehingga hasil akhirnya menjadi makin mantap.

Cita rasa risoles terasa agak manis dan tentunya cukup gurih. Sangat cocok jika anda menyantapnya dengan cabai rawit, hmmm.. pasti sedap. Sebenarnya cara membuat risoles tidaklah sulit dan bahannyapun mudah didapat, jadi anda bisa membuatnya disaat waktu luang agar bisa disajikan bersama keluarga tercinta.

Perbedaan Lumpia dan Risoles

Adapun perbedaan yang dapat kita lihat dan rasakan diantara lumpia dengan risoles diantaranya yaitu rasa lumpia lebih dominan ke gurih dan renyah, sedangkan rasa risoles lebih dominan gurih dan agak manis. Kulit lumpia tidak ditaburi tepung panir sehingga terlihat licin, sedangkan kulit risoles dipenuhi tepung panir.

Kue lumpia yang belum dimodifikasi berbentuk silinder lonjong, sedangkan risoles berbentuk agak pipih. Perbedaan lainnya ialah kulit lumpia memiliki tektur yang agak kasar jika dibandingkan dengan tekstur kulit risoles yang lembut dan empuk.

Cara membuat lumpia ada dua cara yaitu dikukus dan digoreng, sedangkan cara membuat risoles hanya digoreng saja. Isi lumpia original ialah rebung, sedangkan isi risoles original ialah potongan sayuran wortel dengan potongan kentang.

Perbedaan Lumpia dan Risoles Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis