Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Bensin Premium dan Pertamax

Bensin sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus tersedia saat bahan bakar kendaran bermotor anda habis. Walaupun harga bensin semakin hari semakin melambung tinggi, namun tetap saja kita harus membelinya. Untuk itu ketahuilah mengenai perbedaan antara bensin premium dengan bensin pertamax berikut ini.


Premium

Pengertian bensin premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari pemerintah. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya sebesar 88.

Pada umumnya, bensin premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, dan mesin bensin lainnya. Premium menggunakan tambahan pewarna dye sehingga memiliki warna kuning cerah, mempunyai Nilai Oktan 88, dan menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.

Pertamax

Pengertian bensin pertamax adalah bahan bakar minyak yang dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 dan Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters.

Pertamax ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal, mempunyai Nilai Oktan 92, Bebas timbal, mengandung ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya, dan pertamax juga menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan BBM lainnya.

Perbedaan Bensin Premium dan Pertamax

Setelah melihat beberapa uraian diatas maka ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan mengenai perbedaan antara premium dengan pertamax, diantaranya dari sisi nilai kandungan oktan (Research Octane Number/RON) yaitu Premium memiliki nilai oktan sebesar 88, sedangkan Pertamax memiliki nilai oktan sebesar 92.

Perbedaan lainnya ialah bensin Premium memiliki warna kuning cerah, sedangkan bensin Pertamax memiliki warna biru kehijauan. Dan yang terakhir ialah harga Premium lebih murah dibandingkan harga Pertamax yang jauh lebih mahal.

Perbedaan Bensin Premium dan Pertamax Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis