Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Vertebrata dan Invertebrata

Jika anda melihat hewan jenis apapun maka akan termasuk kedalam dua kelompok besar yaitu vertebrata dan invertebrata. Adapun apa perbedaan antara vertebrata dengan invertebrata akan anda simak dibawah ini, namun disini kita hanya akan membicarakan perbedaan utamanya saja, karena jika kita urai klasifikasi hewan lebih detail maka artikel ini tidak akan cukup untuk bisa menjelaskan semuanya.


Vertebrata

Pengertian vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang punggung dengan sumsum tulang belakang. Tulang punggung merupakan kolom tulang belakang, yang merupakan bagian dari kerangka internal hewan vertebrata (berupa tulang atau tulang rawan). Di antara anggota chordata, hewan vertebrata merupakan kelompok paling besar, contoh vertebrata ialah mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi.

Sumsum tulang belakang hewan vertebrata berada di sepanjang tubuh antara tengkorak dengan ekor dan terdiri dari tabung hampa dari jaringan saraf yang disebut sumsum tulang belakang. Vertebrata memiliki tubuh simetri bilateral dengan otak yang berkembang baik serta tertutup oleh tengkorak. Sistem pernapasannya juga telah berfungsi secara sempurna, baik menggunakan paru-paru atau insang.

Sistem pencernaan vertebrata adalah salah satu yang lengkap mulai dari mulut dan berakhir setelah rektum. Selain itu, mulut terbuka pada bagian anterior, dan anus terbuka dari ujung posterior tubuh. Karakteristik utama vertebrata adalah sistem peredaran darah yang tertutup dengan jantung yang berada pada bagian perut.

Invertebrata

Pengertian invertebrata adalah hewan tanpa tulang belakang yang merupakan kelompok besar hewan (sekitar 97%) dari semua spesies hewan termasuk dalam banyak filum dan subfilum. Contoh hewan invertebrata adalah spons, coelenterata, echinodermata, annelida, moluska, dan arthropoda. Beberapa invertebrata seperti serangga memiliki kerangka eksternal, dan umumnya invertebrata berukuran kecil.

Invertebrata memiliki sistem saraf yang cukup beragam, mulai dari yang terorganisir secara longgar (seperti saraf pada hydra) sampai dengan otak cephalopoda yang super canggih. Cara makan pada sebagian besar hewan invertebrata bersifat parasit serta kebiasaan heterotrofik lainnya, dan sistem invertebrata sangat sederhana.

Kadang hanya ada satu lubang baik untuk makan dan buang air besar. Sistem pernapasan invertebrata sangat beragam, dimulai dari difusi sederhana. Invertebrata menunjukkan baik simetri radial dan simetri bilateral dalam organisasi tubuhnya.

Perbedaan Vertebrata dan Invertebrata

Vertebrata memiliki tulang punggung dengan sumsum tulang belakang, sedangkan invertebrata tidak memiliki tulang punggung. Keragaman vertebrata lebih sedikit dibanding keragaman yang terdapat pada invertebrata.

Vertebrata selalu simetri bilateral, sedangkan invertebrata bisa menunjukkan simetri bilateral atau simetri radial. Vertebrata biasanya berbadan besar dan bergerak cepat dibandingkan, sedangkan hewan invertebrata berbadan kecil dan bergerak lambat.

Vertebrata dilengkapi dengan sistem peredaran darah tertutup, otak berkembang dengan baik, sistem respirasi dan sistem saraf yang baik dan canggih, sedangkan invertebrata memiliki sistim yang sederhana. Vertebrata tidak memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, invertebrata lebih adaptif karena kesederhanaan mereka.

Perbedaan Vertebrata dan Invertebrata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis