Semua perbedaan ada disini

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Bambu

Bambu merupakan bahan yang dapat digunakan menjadi berbagai barang kerajinan tangan unik dan bermanfaat. Peluang usaha kerajinan bambu di Indonesia sangat baik, karena didukung oleh banyaknya cadangan bambu di sekililing kita sehingga permasalahan bahan baku kerajinan tangan ini tidak lagi menjadi suatu persoalan.


Kerajinan tangan termasuk industri kreatif yang dapat merubah bambu yang bernilai ekonomis rendah menjadi berharga mahal dengan sentuhan seni tangan-tangan terampil. Untuk menggeluti bisnis ini tidak perlu menyiapkan banyak hal, cukup dengan modal kecil dan yang penting adalah adanya kemauan yang kuat untuk bisa mengembangkan potensi daerah menjadi bernilai di mata Internasional.

Dari sisi pekerja atau tenaga pengrajin ternyata banyak sekali orang indonesia yang memiliki kemampuan mengolah bambu menjadi produk siap jual. Walaupun kita harus memberikan training kepada pemula, itupun tidak terlalu sulit karena kerajinan yang satu ini sangat mudah untuk dikerjakan oleh pemula sekalipun.

Hasil kerajinan bambu bisa berupa tempat nasi, tempat buah, kipas bambu, lampu hias, tas, dinding bambu, aksesoris, dan kreatifitas lain tergantung kelincahan kita dalam berkreasi. Hasil akhir kreasi bambu dapat anda percantik dengan balutan cat pernis sehingga bambu menjadi lebih awet, tampilan menjadi lebih baik, dan harga jual di pasaran otomatis akan ikut meningkat.

Bagi anda yang berminat untuk mengembangkan bisnis kerajinan bambu ini maka sebaiknya mengunjungi sentra kerajinan terdekat. Beberapa sentra kerajinan bambu yang dapat anda kunjungi antara lain ialah :

  • Dusun Brajan Desa Sendang Agung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Hp. 081930885171
  • Desa Nitikan, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta
  • Dusun Muntuk Desa Muntuk Lestari, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Hp. 085228913852
  • Desa Ringin Agung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan

Pemasaran kerajinan bambu tidak hanya di dalam negeri tapi bisa sampai ke mancanegara. Jika daerah anda terdapat tempat wisata yang dikunjungi banyak wisatawan asing, maka hal tersebut sangat baik bagi pembuka jalan untuk merambah pasar mancanegara yang memiliki potensi pemasaran lebih luas lagi.

Hal penting yang harus anda perhatikan ialah kualitas anyaman bambu sehingga pelanggan merasa puas dengan kerajinan yang anda jual. Selain itu berikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan kerjakan pesanan tepat waktu agar setiap transaksi berjalan dengan mulus tanpa hambatan yang membuat pesanan gagal.

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Bambu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis