Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu dan Tanah

Lapisan bumi yang kita pijak terdiri dari berbagai material yang memiliki bentuk dan karakteristik berbeda satu sama lain. Diantara material bumi yaitu batu dan tanah yang mudah kita jumpai dimanapun kita berada. Namun tahukah anda apa saja perbedaan batu dengan tanah? Silahkan cari tahu jawaban tepatnya dibawah ini.

Batu


Pengertian batu adalah suatu benda padat yang terbentuk secara alami dari mineral dan atau mineraloid. Jenis batu dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian utama yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Bahkan lapisan luar padat bumi yang kita kenal dengan nama litosfer, juga terbuat dari bahan batu.

Dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari, batu banyak diguanakan dalam berbagai bidang. Contohnya saja dalam pembuatan sebuah bangunan, maka material batu biasa digunakan sebagai pondasi yang dapat menopang bangunan dengan ketinggian kurang dari sepuluh meter. Batu juga dapat digunakan untuk mempercantik dinding dengan cara disusun sesuai ukuran dan warna tertentu.

Tanah


Pengertian tanah adalah suatu bagian dari kerak bumi yang tersusun dari mineral serta berbagai bahan organik. Tanah adalah tempat tumbuh bagi pepohonan dan tempat berpijak bagi hewan dan manusia. Selain itu tanah berfungsi menampung air hujan sehingga dapat menjadi cadangan air saat musim kemarau mulai tiba.

Kesuburan tanah harus kita jaga dengan menjaga keseimbangan alam dan tidak menebang pohon secara besar-besaran. Sehingga tanah yang subur bisa berubah menjadi tanah tandus yang kering karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu mari kita buat penghiajuan lahan dari area yang kita mampu, kita awali dari penghijauan pekarang rumah kita sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

Perbedaan Batu dan Tanah

Adapun perbedaan yang dapat kita simpulkan dari uraian diatas adalah batu merupakan kumpulan butiran mineral alam yang saling terkait erat dan sangat kuat sehingga sukar dilepaskan, sedangkan tanah adalah kumpulan butiran mineral alam yang tidak melekat dengan erat sehingga sangat mudah dipisahkan. Selain itu ada lapisan lain yang bernama cadas yang merupakan peralihan antara batu dan tanah.

Perbedaan Batu dan Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis