Semua perbedaan ada disini

Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis

Banyak orang bermimpi untuk memulai bisnis mereka sendiri, tapi bagaimana Anda dapat menemukan ide yang akan berhasil? Kita semua memiliki pengalaman unik dari pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari dan dari kehidupan pribadi. Sebaiknya Anda pergi ke tempat yang nyaman dan carilah ide bisnis baru yang lebih segar.


Memulai suatu bisnis, tidak harus dengan sebuah ide baru yang brilian. Kuncinya adalah Anda harus memiliki sebuah konsep bisnis yang relevan di pasar saat ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebagian besar bisnis baru yang sukses didasarkan pada ide-ide yang ada, produk atau jasa dengan sedikit perbaikan, sehingga menciptakan daya tarik pasar saat ini.

Untuk mencapai hal ini, maka Anda perlu melakukan menyeluruh, logis, dan terorganisir dengan baik. Seperti misalnya meneliti keadaan pasar saat ini dan dengan sendirinya ide-ide akan mulai mengalir. Saran kami adalah bahwa Anda sebaiknya mengadopsi pendekatan tiga tahap dibawah ini.

1. Keterampilan yang Anda Miliki

Lihatlah semua pengalaman Anda, apa saja keterampilan khusus dalam karir Anda yang mungkin bisa menjadi dasar bagi bisnis baru Anda. Selain itu, pikirkanlah perusahaan yang berbeda dan sektor pasar yang bekerja di sekeliling Anda. Beberapa sektor bisnis akan lebih menarik perhatian dan menyenangkan daripada yang lain. Kemungkinan besar, Anda mendapatkan keunggulan yang lebih baik dibanding pesaing dalam unsur-unsur bisnis yang Anda temukan jika hal itu menarik dan menyenangkan bagi Anda.

Jangan membatasi pemikiran untuk pengalaman di tempat kerja, namun pikirkan juga tentang keterampilan yang Anda telah kembangkan di luar pekerjaan juga. Secara khusus, apa yang paling Anda nikmati ketika Anda tidak bekerja dan apa yang akan Anda senang untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam mengerjakannya. Bisa jadi olahraga, internet, otomotif, berkebun, atau hobi sederhana lainnya. Menciptakan bisnis yang berfokus pada hobi bisa membuat pekerjaan yang memuaskan di masa depan.

2. Apa yang Akan Bekerja?

Setelah Anda mendokumentasikan masa lalu, maka sambungkan keterampilan yang Anda miliki dengan konteks apa yang terjadi sekarang. Carilah bisnis yang berhasil dan eksplorasi apa saja yang sedang berjalan disekitar bisnis tersebut. Prinsipnya, orang akan siap membayar jika ia merasakan nilai tambah terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Perhatikanlah perubahan dan kesempatan yang ada disekililing Anda, lalu simpulkan dengan pemahaman yang matang bahwa apa yang akan bekerja pada iklim ekonomi seperti ini? Ikutilah perkembangan berita lokal, publikasi bisnis, dan organisasi perdagangan yang dapat mengindikasikan berbagai kemungkinan pasar. Pada tahap ini Anda harus membuka mata dan telinga untuk melihat peluang-peluang besar yang terjadi pada saat ini.

Dunia menjadi lebih kecil di era informasi ini dan membuka peluang untuk mendapat produk dari jauh dan membawanya ke pasar lokal. Pikirkan juga kerjasama dengan teman dan keluarga, karena mereka dapat menambah ide bisnis Anda menjadi lebih sempurna. Perhatikan juga perkembangan belanja online di daerah tersebut sehingga Anda dapat melihat peluang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk yang dijual online.

3. Pikirkan jangka panjang

Di dunia bisnis terjadi tren global dan tren lokal yang harus menjadi bahan pertimbangkan Anda ketika mencari inspirasi bisnis. Ide yang baik ialah suatu bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan di masa depan. Media bisa menjadi sumber informasi yang baik karena mereka secara teratur melaporkan tren terbaru. Hal ini berguna untuk mencari peluang usaha jangka panjang dibandingkan dengan mode jangka pendek.

Motivasi terbesar yang dapat Anda rasakan ialah dengan membayangkan saat bisnis Anda berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang menakjubkan. Pikirkan tentang manfaat menjalankan perusahaan Anda sendiri baik secara finansial dan emosional dan manfaat yang dirasakan secara individu. Pengalaman pribadi Anda adalah unik dan harus menjadi dasar untuk setiap ide usaha baru, jangan meremehkan diri sendiri dan buktikan bahwa Anda merupakan pribadi yang mampu menggapai mimpi.

Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis