Semua perbedaan ada disini

Cara Memperbaiki Hubungan Persahabatan yang Retak

Kehadiran sahabat dalam kehidupan kita akan membuat suasana menjadi ceria dan penuh dengan kemudahan. Seorang sahabat yang baik akan selalu ada baik dalam keadaan suka maupun duka. Namun tali persahabatan yang erat tersebut bisa saja ditimpa penyakit hati yang membuat dua sahabat berjauhan. Cara memperbaiki hubungan persabatan harus diketahui agar kita tidak kehilangan teman setia.


Perasaan yang aneh akan muncul di dalam benak anda saat teman dekat berubah menjauh, sahabat karib kini memandang anda dengan perasaan dengki, orang yang enak di ajak berbincang lalu sekarag menjadi sangat kaku dan tidak merespon kita dengan baik. Jika terjadi hal yang demikian maka itu tandanya anda sedang mengalami masalah dalam membina hubungan persaudaraan dengan teman anda.

Adapun langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu apa penyebab berubahnya sikap sabat anda. Jangan-jangan hanya hal sepele yang jadi pemicu permusuhan itu, sehingga anda harus segera mencari akar masalah sebelum semuanya berubah menjadi tambah parah. Gunakan teman anda yang lain untuk membantu kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut.

Bicaralah secara perlahan dan jangan menyinggung perasaan sabat anda, tanyakan apa yang menjadi ganjalannya dan tanyakan juga apa salah anda yang mungkin anda sendiri tak menyadarinya. Jangan berdebat dengannya, jika sahabat mengutarakan keluhannya maka dengarkan dan jangan langsung dipotong, karena hal tersebut akan menyulut api kemarahan yang makin membesar. Posisikan diri anda sebagai pendengar setia dan pahamilah apa yang ia sampaikan agar anda tidak salah menafsirkan kata-katanya.

Ucapkanlah kata maaf dan jadikan diri anda yang bersalah dengan meminta maaf terlebih dahulu. Hal ini akan mencairkan suasana karena anda telah berkorban untuk keutuhan jalinan persahabatan yang telah dibina selama ini. Jangan menjadi egois dengan tetap mempertahankan pendapat anda, belajarlah mengalah karena persahabatan itu lebih penting daripada ego anda sendiri.

Berikan sahabat anda hadiah yang menyentuh perasaannya atau mengingatkan dia ke masa-masa dimana persahabatan berjalan begitu eratnya. Hadiah tersebut tidak harus mahal, yang terpenting memiliki arti khusus yang mengingatkan akan arti persahabatan itu sendiri. Sampaikanlah hadiah itu dengan baik dan perkataan yang halus dengan meminta dia agar menerimanya dengan tulus.

Jika semua cara yang dilakukan tidak berhasil maka menjauhlah untuk sementara waktu dari sahabat setia itu. Karena jika anda terus mendekatinya sedangkan ia dalam keadaan emosi yang tidak sabil maka akan menemukan jalan buntu. Untuk itu hindarilah ia, jangan berteu, jangan memberi kabar, biarkan perasaan ada sesuatu yang hilang menyelimuti dua orang sahabat yang terpisah. Sehingga kerinduan akan mulai menyelinap dalam hati untuk bertemu kembali sahabat lama.

Itulah beberapa tips memperbaiki hubungan persahabatan yang putus dan retak, saya hanya berharap agar anda dapat menjaga hubungan baik dengan sesama agar kehidupan anda akan terasa lebih tentram dan yang pasti akan menyenangkan.

Cara Memperbaiki Hubungan Persahabatan yang Retak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis