Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Cucak jenggot dapat menjadi burung andalan anda karena suaranya yang merdu, sehingga mampu menggetarkan hati untuk segera memilikinya. Walaupun saya baru di dunia burung ini, namun saya ingin menulis sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara cucak jenggot jantan dan cucak jenggot betina dilihat dari ciri fisik, variasi suara ocehan, warna bulu, dan karakter masing-masing.


Cucak Jenggot Jantan

Ciri-ciri burung cucak jenggot jantan ialah terlihat dari bentuk fisik yang simetris atau terlihat seimbang, dengan kata lain dari bagian kepala hingga ke ujung ekor terlihat panjang dan ideal. Pada bagian dada cucak jenggot jantan dipenuhi bulu warna kuning yang memudahkan kita dalam menentukan jenis kelamin burung bersuara merdu ini. Jika burung cucak jenggot aduan didekatkan disebelah burung lain maka ia tidak akan menggetarkan sayapnya. Dalam hal suara, maka cucak jenggot jantan mempunyai suara kicauan yang bervariasi dan tidak monoton.

Cucak Jenggot Betina

Ciri-ciri burung cucak jenggot betina ialah mempunyai bentuk fisik yang nampak agak bulat dan tidak simetris. Dengan kata lain jika anda perhatikan dari bagian kepala hingga ujung ekor akan terlihat cukup pendek dan cenderung bulat. Pada bagian dada cucak jenggot betina dipenuhi bulu berwarna putih, sehingga mudah untuk menentukan jenis kelaminnya. Jika burung ini didekatkan dengan burung lain maka akan segera menggetarkan sayapnya berulangkali. Berbeda dengan burung jantan, cucak jenggot betina memiliki suara kicauan tidak bervariasi atau monoton.

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

1. Bentuk fisik cucak jenggot jantan terlihat simetris, sedangkan bentuk fisik cucak jenggot betina terlihat bulat dan tidak simetris.

2. Dada cucak jenggot jantan dipenuhi bulu warna kuning, sedangkan dada cucak jenggot betina dipenuhi bulu berwarna putih.

3. Jika burung cucak jenggot jantan didekatkan disebelah burung lain maka ia tidak akan menggetarkan sayapnya, sedangkan jika burung cucak jenggot betina didekatkan dengan burung lain maka akan segera menggetarkan sayapnya.

4. Suara kicauan cucak jenggot jantan sangat bervariasi, sedangkan suara kicauan cucak jenggot betina sangat monoton.

Itu saja mungkin artikel tentang perbedaan antara cucak jenggot jantan dengan betina yang dapat saya sampaikan dalam blog area perbedaan ini, semoga anda mendapatkan tambahan ilmu untuk diterapkan dalam beternak burung jawara.

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Kurnia