Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Sauna dan Steam

Kesehatan dan kebugaran tubuh patut kita jaga dengan baik agar semua aktifitas sehari-hari menjadi lancar. Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan berendam di air hangat atau masuk ke ruangan yang beruap. Untuk itu pelajarilah terlebih dahulu perbedaan antara sauna dengan steam room berikut ini.


Sauna

Pengertian sauna adalah suatu ruangan yang diisi dengan uap panas dengan suhu sekitar 80 derajat Celcius dan digunakan untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat sauna untuk kesehatan adalah mengurangi stres, menstimulasi otot yang kaku, menurunkan berat badan, memperlancar sirkulasi tubuh, dan menyehatkan jantung.

Selain kelebihan diatas maka sauna juga memiliki kekurangan yang harus anda antisipasi yaitu panas di dalam sauna dapat mengeringkan kulit, terjadinya dehidrasi, dan terjadinya kotoran di bawah kulit. Namun dengan menjalankan petunjuk yang ada di ruangan sauna maka anda akan terhindar dari efek negatif.

Steam

Pengertian steam room adalah sebuah ruangan yang diisi dengan udara panas namun lembab dengan suhu sekitar 110 derajat Celcius. Adapun manfaat steam untuk kesehatan adalah melemaskan otot tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, menyembuhkan gangguan pernapasan, dan membuat kulit lembab dan awet muda.

Adapun kekurangan yang ada di steam room ini antara lain ialah detak jantung menjadi lebih kencang dari biasanya, kepala terasa pusing dan vertigo akibat suhu ruangan yang panas, dan terjadinya kehausan yang hebat. Pelajarilah tips seputar penggunaan ruangan steam yang baik dan aman agar semuanya berjalan lancar.

Perbedaan Sauna dan Steam

Kesimpulan yang kita peroleh adalah sauna diisi dengan uap panas, sedangkan steam diisi dengan udara panas. Suhu sauna sekitar 80 derajat Celcius, sedangkan suhu steam sekitar 100 derajat Celcius. Sauna bisa menyebabkan dehidrasi, sedangkan steam tidak akan mengalami dehidrasi karena ruangannya lembab.

Perbedaan Sauna dan Steam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis