Semua perbedaan ada disini

Perbedaan Batu Bara dan Minyak Bumi

Didalam perut bumi terdapat kandungan mineral maupun barang tambang yang berguna bagi kehidupan manusia. Diantaranya ialah batu bara dan minyak bumi yang banyak diperoleh dari beberapa pertambangan di Indonesia. Namun untuk dapat menjawab apa sebenarnya perbedaan batu bara dengan minyak bumi secara lebih lengkap maka marilah kita ikuti pembahasannya dibawah ini.


Batu Bara

Pengertian batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, bahan utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan (fosil) dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

Unsur-unsur utama yang terdapat dalam batu bara adalah karbon, hidrogen, dan oksigen. Analisis unsur batu bara memberikan rumus formula empiris seperti C137H97O9NS untuk bituminus dan C240H90O4NS untuk antrasit. Batu bara juga adalah termasuk jenis batuan organik yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat anda temui dalam berbagai bentuk.

Minyak Bumi

Pengertian minyak bumi adalah cairan kental dengan warna coklat gelap atau kehijauan yang mudah sekali terbakar. Minyak bumi ini berada di lapisan bagian atas dari beberapa area di kerak bumi.

Kandungan minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam hal penampilan, komposisi, dan kemurniannya.

Minyak bumi ini didapat dari sumur minyak di pertambangan minyak. Setelah itu, minyak bumi diproses dan dipisahkan hasilnya berdasarkan titik didih sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin, minyak tanah, aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik, obat, dan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material.

Perbedaan Batubara dan Minyak Bumi

Perbedaan yang sangat jelas dapat kita lihat ialah pada bentuk wujudnya, dimana batu bara berbentuk padat dan berwarna hitam, sedangkan minyak bumi berbentuk cair dan berwarna coklat gelap.

Minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa fosil hewan dan mengalami pelapukan selama jutaan tahun yang lalu, sedangkan batu bara terbentuk dari pelapukan kayu selama jutaan tahun yang lalu.

Adapun persamaan batu bara dengan minyak bumi adalah keduanya memiliki sifat mudah terbakar dan merupakan barang tambang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

Perbedaan Batu Bara dan Minyak Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mang Idis